Bukan Persija, Dortmund Lawan Persib dan Persebaya di Indonesia

Dortmund akan ke Indonesia pada November

Jakarta, IDN Times - Jelas sudah siapa yang akan jadi lawan Borussia Dortmund dalam tur ke Indonesia. Skuad asuhan Edin Terzic itu akan berhadapan dengan Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.

Hal itu diungkapkan oleh Managing Director Asia-Pacific Dortmund, Suresh Letchmanan, dalam sebuah acara jumpa pers di Jakarta, Selasa (13/9/2022). Nantinya juga, akan ada perwakilan klub Dortmund yang datang ke Indonesia,.

"Kami mengumumkan pada November 2022, Dortmund akan tur di Asia, termasuk Indonesia, dan bermain melawan Persib Bandung dan Persebaya Surabaya. Akan ada juga perwakilan dari Dortmund yang datang ke sini pada Oktober," ungkap Suresh.

1. Rencana yang akhirnya terwujud

Bukan Persija, Dortmund Lawan Persib dan Persebaya di IndonesiaBorussia Dortmund akan lawan Persib dan Persebaya di Indonesia. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sejak 2015, Dortmund memang sudah memiliki rencana untuk mengadakan tur ke Asia. Namun, pandemik COVID-19, serta sederet alasan lain, membuat mereka urung melakukan hal tersebut. Kini, rencana itu terlaksana sudah.

"Jadi sejak 2015 Borussia Dortmund ingin sekali balik lagi ke Asia untuk melakukan tur. Cuma karena satu hal dan lainnya, termasuk ada pandemik COVID-19, baru bisa sekarang ke Asia," ungkap Suresh.

Baca Juga: Mengenang Momen Borussia Dortmund ke Indonesia pada 2007

2. Sambutan baik dari Persebaya dan Persib

Bukan Persija, Dortmund Lawan Persib dan Persebaya di IndonesiaBorussia Dortmund akan lawan Persib dan Persebaya di Indonesia. (dok. IDN Times/Istimewa)

Persib dan Persebaya selaku calon lawan Dortmund menyambut baik hal ini. Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Teddy Tjahjono, berujar momen lawan Dortmund ini akan jadi ajang bagi Persib untuk belajar.

"Borussia Dortmund adalah tim yang kelasnya sudah mendunia, dan datang ke indonesia, bisa bermain dengan kami. Pastinya, kami ingin belajar dari mereka. Pastinya, sangat bagus buat kami, buat perkembangan sepak bola di Indonesia juga," ungkap Teddy.

Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, juga mengungkapkan hal serupa. Mereka merasa bangga bisa berhadapan dengan Dortmund, salah satu tim besar di Jerman dan Eropa. Dia pun berharap, hal ini bisa memberikan efek yang bagus.

"Mudah-mudahan nanti bisa memberi efek yang bagus, tidak hanya untuk Persebaya, tapi juga untuk sepak bola Indonesia pada umumnya," ungkap Candra.

3. Digelar dengan sistem turnamen segitiga

Bukan Persija, Dortmund Lawan Persib dan Persebaya di Indonesiabundesliga.com

CEO Ninesport, Arif Putra Wicaksono, mengungkapkan laga antara Dortmund, Persib, dan Persebaya, ini akan dihelat dengan format turnamen segitiga. Untuk tempat, dia belum memastikan di mana laga ini akan dihelat.

"Iya, untuk konsepnya turnamen segitiga. Untuk venue sih, maunya di JIS. Maunya, ya," ujar Arif.

Merunut rencana, selain Indonesia, ada dua negara Asia Tenggara lain yang akan dituju Dortmund, yakni Singapura dan Vietnam. Mereka akan tur mulai 21 November hingga 1 Desember 2022. Persib dan Persebaya dapat kehormatan jadi lawan mereka.

Baca Juga: Dramatis, Persib Bekuk Arema di Kanjuruhan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya