CEK FAKTA: Guinea Tidak Mundur dari Play-off Olimpiade 2024

Guinea tetap akan bertanding di play-off Olimpiade 2024

Jakarta, IDN Times - Kabar tidak sedap sempat berembus di media sosial dalam beberapa waktu terakhir. Disebutkan bahwa Guinea memutuskan mundur dari laga play-off Olimpiade 2024 lawan Timnas Indonesia U-23, Kamis (9/5/2024).

Warta ini hadir dari salah satu akun TikTok yang menyebut bahwa Timnas U-23 tidak perlu lagi menjalani play-off Olimpiade 2024, karena Guinea memutuskan tidak bertanding. Nah, apakah kabar ini benar adanya?

1. Guinea tetap bertanding

CEK FAKTA: Guinea Tidak Mundur dari Play-off Olimpiade 2024Foto: CAFonline ( Google )

Menurut penelusuran IDN Times, kabar yang beredar itu merupakan hoaks. Video dalam unggahan TikTok yang beredar itu rupanya adalah keterangan pers pelatih Guinea, Kaba Diawara, pada H-1 jelang laga Piala Afrika 2023 lawan Kongo.

Jadi, unggahan tersebut tidak ada kaitannya dengan laga Guinea lawan Timnas U-23 dalam play-off Olimpiade 2024 nanti. Untuk laga sendiri, Guinea akhirnya kalah 1-3 dari Kongo.

Baca Juga: 7 Meme Indonesia Siap Lawan Guinea pada Playoff Olimpiade

2. Sudah ada 19 pemain Guinea yang hadir di Paris

CEK FAKTA: Guinea Tidak Mundur dari Play-off Olimpiade 2024Timnas Guinea (sumber: instagram.com/feguifootofficial)

Berdasarkan informan sepak bola Guinea, Joueurs Guineens, sudah ada 19 pemain yang bergabung dengan Guinea U-23 di Paris. Mereka bahkan sudah melakoni latihan perdana pada Senin (6/5/2024).

Salah satu pemain yang sudah hadir adalah gelandang RB Leipzig yang sekarang sedang dipinjamkan ke Getafe, Ilaix Moriba. Kehadirannya bisa menjadi ancaman tersendiri bagi skuad Timnas U-23 di laga nanti.

3. Guinea berhasrat lolos ke Olimpiade 2024

CEK FAKTA: Guinea Tidak Mundur dari Play-off Olimpiade 2024Kaba Diawara, pelatih Guinea. (Dok. FIFA)

Pelatih Guinea, Kaba Diawara, menegaskan anak-anak asuhnya saat ini tengah dipenuhi emosi. Apalagi, Guinea terakhir kali lolos Olimpiade pada 1968 silam. Sekarang, mereka tinggal selangkah lagi menuju pesta multievent terbesar tersebut.

"Emosi kami sedang campur aduk saat ini. Saya merasa bangga dan terhormat. Terakhir kali Guinea masuk Olimpiade pada 1968. Sekarang, kami akan bertarung untuk lolos lagi untuk masuk Olimpiade 2024," kata Diawara, dilansir situs resmi FIFA.

Baca Juga: Janji Dewangga untuk Timnas U-23 Jelang Lawan Guinea

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya