CEK FAKTA: Timnas U-23 vs Uzbekistan Diulang?

Banyak informasi gak benar yang beredar

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 kalah dari Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) malam WIB. Nah, selepas laga ini, sempat ada berita yang simpang siur soal AFC akan mengulang laga Timnas U-23.

Kabar itu tersebar via video di akun TikTok bernama vinet.co.id. Dalam video itu, ada wajah dari petinggi AFC yang seolah-olah berpidato, laga Timnas U-23 lawan Uzbekistan akan diulang. Apakah itu benar adanya?

1. Dipastikan hoaks

CEK FAKTA: Timnas U-23 vs Uzbekistan Diulang?Timnas U-23 lawan Uzbekistan. (Dok. PSSI)

Berdasarkan cek fakta yang dilakukan IDN Times, konten yang diembuskan akun tersebut dipastikan hoaks. Setelah kami cek pernyataan resmi AFC, tak ada kabar yang menyatakan demikian.

Malah, dalam unggahan terakhir AFC mengenai bagan final Piala Asia U-23 2024, tetap tertera bendera Uzbekistan dan Jepang sebagai finalis. Jadi, bisa dipastikan laga Timnas U-23 lawan Uzbekistan tak akan diulang.

Secara aturan pula, duel tak bisa diulang, karena konklusinya sudah final. Jadi, jangan sampai termakan berita tersebut.

Baca Juga: Irak Cari Obat Luka saat Jumpa Timnas U-23, Siap Menggila

2. Uzbekistan dan Jepang sudah lolos ke Olimpiade 2024

CEK FAKTA: Timnas U-23 vs Uzbekistan Diulang?Timnas U-23 lawan Uzbekistan. (Dok. PSSI)

Dengan dipastikannya Uzbekistan dan Jepang ke final, maka dua tiket ke Olimpiade 2024, Paris, dari Asia sudah terkunci. Mereka adalah dua tim pertama yang lolos ke Olimpiade 2024 sebagai perwakilan AFC.

Sedangkan, untuk tiket sisa lainnya, tetap akan diperebutkan dengan skema yang ditetapkan AFC. Masih ada slot peringkat tiga terbaik, dan slot play-off AFC kontra CAF yang bisa didapatkan tim yang kalah di semifinal.

3. Timnas U-23 lawan Irak

CEK FAKTA: Timnas U-23 vs Uzbekistan Diulang?Potret Timnas Indonesia U-23 setelah kalah dari Uzbekistan, Senin (29/4/2024). (the-afc).

Selepas kalah dari Uzbekistan, Timnas U-23 akan bersua Irak dalam laga perebutan tempat ketiga, Kamis (2/5/2024). Laga ini akan dihelat lagi di tempat yang begitu karib bagi Garuda Muda, yaitu Abdullah bin Khalifa Stadium.

Pemenang dari laga Timnas U-23 lawan Irak akan mendapatkan satu tiket Olimpiade tersisa, bersama Jepang dan Uzbekistan. Sedangkan tim yang kalah, harus mentas di play-off AFC-CAF melawan Guinea.

Baca Juga: Irak yang Banjir Kritik Ancam Timnas U-23

Topik:

  • Satria Permana
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya