Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Bisa Berubah

Kepastian skuad Indonesia baru ada pada 10 Januari

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengonfirmasi soal daftar 26 pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 yang dirilis AFC. Dia menyebut, daftar itu masih bisa berubah.

Itu berarti, Adam Alis dan Arkhan Fikri masih memiliki kesempatan untuk masuk skuad Piala Asia 2023. Sebelumnya, dalam daftar 26 pemain itu, nama keduanya tidak ada.

"Secara regulasi, enam jam sebelum pertandingan dimulai, pemain masih bisa diganti," kata Shin Tae Yong dalam keterangannya, Jumat (5/1/2024).

1. Shin akan tetap bawa 28 pemain ke Qatar

Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Bisa BerubahTimnas Indonesia lawan Libya di Turki. (Dok. PSSI)

Shin menegaskan, dia akan tetap membawa 28 pemain ke Qatar nanti, selepas melakoni pemusatan latihan (TC) di Turki, skuad Garuda akan melanjutkan TC di Qatar. Skuad final Timnas Indonesia baru akan diumumkan selepas lawan Iran.

"Memang sudah dirilis 26 pemain, tetapi 28 yang akan dibawa ke Doha. Jadi kepastiannya akan ditentukan 10 Januari setelah lawan Iran," ujar Shin

Baca Juga: Daftar Nomor Punggung Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

2. Arkhan Fikri dan Adam Alis masih bisa buktikan diri

Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Bisa BerubahArkhan Fikri saat memperkuat Timnas Indonesia. (Instagram/@arkhanfikri)

Dengan kepastian ini, Arkhan Fikri dan Adam Alis masih memiliki kesempatan membuktikan diri. Sebab, Timnas Indonesia masih akan melakoni dua laga uji coba lagi, yaitu lawan Libya pada 5 Januari, serta lawan Iran pada 9 Januari.

Jika tampil apik dalam dua ajang tersebut, terbuka peluang bagi mereka untuk masuk skuad Piala Asia 2023. Tentu dengan catatan, mereka bisa bersaing dengan pemain-pemain lain.

3. Timnas Indonesia sudah bersiap lagi lawan Libya

Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Bisa BerubahTimnas Indonesia lawan Libya di Turki. (Dok. PSSI)

Usai kekalahan telak pertama, Timnas Indonesia akan kembali bersua Libya di Turki. Shin berujar, ada target lain yang dia kejar lagi di pertemuan kedua ini. Bahkan, skuad Garuda mengincar kemenangan.

"Laga kemarin lawan Libya fokusnya bukan hasil laga, tapi fokus ke insting pertandingan, fisik, jadi hasil tidak terlalu penting. Untuk laga nanti kami akan fokus ke organisasi dan mungkin akan berusaha untuk menang," ujar Shin.

Merunut jadwal, Timnas Indonesia akan bersua Libya pada (5/1/2024) di Turki pada pukul 20.00 WIB. Sama seperti laga pertama, laga kedua ini juga akan disiarkan secara langsung dan jadi bagian persiapan tim jelang Piala Asia 2023.

Baca Juga: Timnas Indonesia Vs Libya: Misi Tebus Dosa Pasukan Garuda

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya