Dimas Drajat Hat-Trick, Timnas Indonesia Bekuk Brunei

Ramadhan Sananta cetak brace

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia menang telak dalam leg pertama babak awal Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bersua Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB, skuad Garuda menang 6-0.

Gol-gol di pertandingan ini untuk Indonesia dicetak Dimas Drajad (7', 72', 90+2'), Rizky Ridho (12'), serta Ramadhan Sananta (63' 67'). Keunggulan ini jadi bekal tersendiri bagi skuad Garuda di leg kedua nanti.

Sejak awal babak pertama, Timnas Indonesia langsung menggebrak lini pertahanan Brunei. Sisi kiri jadi tempat mereka rutin melepas tekanan. Tidak butuh waktu lama, upaya skuad Garuda membuahkan hasil pada menit tujuh.

Memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang, Dimas Drajad sukses membobol gawang Brunei via sundulannya. Skor berubah 1-0. Keunggulan di awal laga ini membuat Indonesia makin nyaman dalam bermain.

Gol kedua bagi Indonesia datang lima menit berselang. Bermula dari umpan sepak pojok Saddil Ramdani, Rizky Ridho menggandakan keunggulan Indonesia lewat sontekannya. Skor berubah 2-0 untuk skuad Garuda.

Keunggulan Indonesia memang begitu mutlak di babak pertama ini. Mereka mengatur aliran bola sedemikian rupa, dan hal itu membuat Brunei kesulitan mengalirkan bola. Namun, bukan berarti Brunei tidak menekan.

Beberapa kali, Brunei melepaskan tekanan ke lini pertahanan Indonesia. Namun, tekanan itu urung membuahkan hasil lantaran masih bersifat sporadis. Serangan-serangan Brunei masih bisa diatasi duet Elkan Baggott dan Rizky Ridho.

Hingga babak pertama tuntas, tak ada lagi gol yang tercipta bagi Indonesia dan Brunei. Alhasil, babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan skuad Garuda.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan oleh Timnas Indonesia. Mereka memasukkan Ricky Kambuaya, Ramadhan Sananta, Shayne Pattynama, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman untuk menjaga intensitas permainan.

Brunei pun melakukan hal serupa. Mereka memasukkan Azwan Ali Rahman dan Adi Said di babak kedua ini. Akan tetapi, pergantian ini pada akhirnya tidak membuat irama permainan berubah bagi Brunei..

Memasuki menit 60, dua gol langsung dicetak Timnas Indonesia. Pada menit 63, Sananta sukses jadi eksekutor penalti, usai salah satu pemain Indonesia dilanggar. Berlanjut pada menit 67, Sananta mencetak gol kedua, memanfaatkan bola muntah.

Unggul empat angka, Indonesia tidak menghentikan tekanan mereka ke lini pertahanan Brunei. Pada menit 72, Dimas mencetak gol keduanya di laga ini, usai memanfaatkan umpan apik Saddil. Skor berubah 5-0.

Di sisa waktu babak kedua, situasi masih sama. Keunggulan jauh yang dicatatkan oleh Indonesia membuat mereka leluasa mengendalikan permainan. Di sisi lain, Brunei tampak sudah seperti tidak ada semangat untuk meladeni permainan Indonesia.

Jelang laga tuntas, Indonesia menambah keunggulan. Dimas sukses menorehkan hat-trick di laga ini berkat sontekannya di menit 90+2'. Skor berubah 6-0 dan membuat Brunei makin kesulitan.

Skor 6-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia bertahan sampai laga tuntas. Hasil ini jadi bekal skuad Garuda dalam melakoni leg kedua putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Brunei Darussalam di Bandar Seri Begawan, 17 Oktober nanti.

Baca Juga: 7 Pemain Termuda Perkuat Timnas Indonesia Kontra Brunei Darussalam

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya