Diwarnai Penalti Ngaco Bale, Wales Benamkan Turki

Wales menang 2-0 atas Turki

Jakarta, IDN Times - Wales meraih hasil positif dalam laga kedua Grup A Piala Eropa 2020. Menghadapi Turki di Baku Olympic Stadium, Rabu (16/6/2021), mereka menang dengan skor 2-0.

Dwigol kemenangan Wales di laga ini dicetak oleh Aaron Ramsey (42') dan Connor Roberts (90+5'). Kemenangan ini menjadikan Wales sebagai tim yang belum terkalahkan di Grup A, sekaligus menjaga peluang mereka lolos dari fase grup.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Wales di Turnamen Piala Eropa 2020, Bale hingga Ramsey

1. Wales menggigit sejak babak pertama

Diwarnai Penalti Ngaco Bale, Wales Benamkan TurkiTurki vs Wales. (twitter.com/EURO2020)

Turki dan Wales menurunkan para pemain kuncinya sejak awal pertandingan. Gareth Bale, Aaron Ramsey, Daniel James, Joe Allen, Burak Yilmaz, Hakan Calhanoglu, Cengiz Uender, dan Caglar Soyuncu, menghiasi starting XI dari kedua tim.

Sedari awal babak pertama, Turki langsung menekan lini pertahanan Wales. Punya pemain seperti Calhanoglu, mereka berusaha membongkar lini pertahanan Wales yang dikawal Joe Rodon dan Chris Mepham.

Akan tetapi, Turki agak kesulitan membongkar pertahanan Wales. Selain karena rapatnya pertahanan Wales di laga ini, lini serang Turki juga tampak tidak padu. Belum ada kombinasi-kombinasi apik yang terlihat di lini serang Turki, setidaknya sampai pertengahan babak pertama.

Sementara itu, Wales mulai banyak mengandalkan serangan balik, terutama saat laga memasuki menit 30. Bermodalkan pemain-pemain cepat macam Dan James, Ramsey, dan Bale, mereka coba memberikan sengatan kepada lini pertahanan Turki.

Sayang, upaya Turki maupun Wales dalam mencetak gol masih belum membuahkan hasil. Khusus untuk Wales, sejatinya ada dua peluang bersih yang didapat. Namun, Ramsey membuang peluang itu dengan menembak terlalu tinggi hingga tak tepat sasaran.

Barulah pada menit 42, Wales sukses memecah kebuntuan. Umpan manis Bale sukses dikonversi Ramsey jadi gol, setelah menerobos masuk kotak penalti. Kontrol dada, lalu Ramsey melepaskan tembakan akurat yang membawa Wales unggul 1-0 hingga jeda.

2. Turki tersengat, tapi Wales menggila

Diwarnai Penalti Ngaco Bale, Wales Benamkan TurkiTurki vs Wales. (twitter.com/EURO2020)

Turki mulai bangkit di awal babak kedua dan menggempur lini pertahanan Wales tanpa ampun. Beberapa peluang pun sukses mereka dapat, salah satunya lewat sepakan Yilmaz pada menit 54. Namun, Turki masih belum mampu mengubah peluang tersebut jadi gol.

Di sisi lain, Wales mencoba main lebih efektif. Ada peluang buat mereka menggandakan skor di menit 60.

Mereka mendapatkan hadiah penalti setelah Bale dijatuhkan di kotak penalti. Sayang, Bale yang menjadi eksekutor gagal mencetak angka setelah sepakan penaltinya ngaco, melayang jauh di atas mistar gawang Turki.

Kegagalan penalti Bale ini seolah memberi angin bagi Turki untuk meningkatkan tekanan ke lini pertahanan Wales. Mereka juga memasukkan beberapa nama baru, seperti Merih Demiral, Yusuf Yazici, dan Mert Muldur. Wales merespons dengan memasukkan Ethan Ampadu.

Beberapa pergantian ini membuat permainan tetap berjalan dengan tensi tinggi. Turki terus menekan, tetapi mereka juga kerap terancam lewat serangan-serangan balik Wales yang diinisiasi Ramsey dan Bale. Kecepatan lini serang Wales jadi momok tersendiri untuk Turki.

Situasi ini terus berlangsung di sisa waktu babak kedua. Turki tetap dilanda kebuntuan, sedangkan Wales juga susah mencetak gol kedua. Jelang laga usai, sedikit keributan terjadi antara pemain Turki dan Wales. Diawali situasi kemelut, tampak Yilmaz dan Ben Davies saling dorong.

Wales tetap melepaskan tekanan. Mereka akhirnya berhasil mencetak gol jelang laga usai, setelah Connor Roberts berhasil memanfaatkan umpan manis Bale, yang meliuk-liuk di sisi kiri pertahanan Turki. Wales unggul 2-0, dan skor tidak berubah sampai laga tuntas.

3. Wales belum terkalahkan di Grup A

Diwarnai Penalti Ngaco Bale, Wales Benamkan TurkiWales vs Swiss di Piala Eropa 2020. (Twitter/EURO2020)

Berkat kemenangan atas Turki ini, Wales jadi tim yang belum terkalahkan di Grup A Euro 2020. Di laga perdana, mereka sukses menahan imbang Swiss dengan skor 1-1, setelah sempat tertinggal lebih dahulu. Dengan dua hasil itu, Wales sudah mengoleksi empat poin

Kini, Wales tinggal menghadapi satu rintangan berat lain di Grup A Piala Eropa 2020. Di laga pamungkas fase grup, sudah ada Italia yang menanti mereka. Menundukkan tim asuhan Roberto Mancini itu jelas bukan perkara mudah bagi Wales.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Adu Tandukan Sakti di Laga Wales Vs Swiss

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya