Dortmund dan Leverkusen Lagi di Final Liga Champions dan Liga Europa

Situasi yang sama pernah terjadi di musim 2001/02

Intinya Sih...

  • Bayer Leverkusen melaju ke final Liga Europa 2023/24 setelah mengalahkan AS Roma, Dortmun lolos ke final Liga Champions setelah menumbangkan PSG.
  • Ini adalah kali keenam tim Jerman melaju ke final Liga Champions dan Liga Europa secara bersamaan.
  • Leverkusen tidak terkalahkan dalam 49 laga di semua ajang, menang 40 kali dan imbang sembilan kali.

Jakarta, IDN Times - Bayer Leverkusen memastikan diri melaju ke final Liga Europa 2023/24. Sementara itu, di Liga Champions 2023/24, ada Borussia Dortmund yang juga berhasil lolos ke final. Nyatanya, ini bukan hal baru.

Leverkusen melaju ke final Liga Europa 2023/24 setelah bermain imbang 2-2 lawan AS Roma dalam leg kedua semifinal pada Jumat (10/5/2024) dini hari WIB. Mereka pun menang atas Roma dengan total agregat 4-2.

Keberhasilan Leverkusen melaju ke final ini dibarengi dengan kesuksesan Dortmund melaju ke final setelah mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) di semifinal Liga Champions.

Baca Juga: 3 Strategi Jitu Bayer Leverkusen dalam Menjuarai Bundesliga 2023/2024

1. Tim Jerman lolos lagi ke final Liga Champions dan Liga Europa bersamaan

Dortmund dan Leverkusen Lagi di Final Liga Champions dan Liga EuropaTwitter

Opta mencatat, ini adalah kali keenam tim Jerman melaju ke final Liga Champions dan Liga Europa secara bersamaan. Terakhir kali, hal itu terjadi pada musim 2001/02 silam dengan pelaku yang sama, yaitu Leverkusen dan Dortmund.

Ketika itu, Leverkusen melaju ke final Liga Champions 2001/02 dan menantang Real Madrid. Sedangkan Dortmund maju ke final Liga Europa (Piala UEFA saat itu) melawan Feyenoord. Sial bagi mereka, Leverkusen dan Dortmund sama-sama kalah.

Baca Juga: Bayer Leverkusen Menuju Treble-kusen Musim Ini

2. Leverkusen masih tak terkalahkan

Dortmund dan Leverkusen Lagi di Final Liga Champions dan Liga EuropaBayer Leverkusen menjuarai Bundesliga 2023/2024. (twitter.com/bayer04_en)

Hasil imbang lawan Roma di leg kedua semifinal Liga Europa ini tak hanya membawa Leverkusen ke final. Lebih jauh, hasil ini mempertahankan catatan apik Leverkusen yang sudah ditorehkan sejak awal musim 2023/24.

Squawka mencatat, total Leverkusen tidak terkalahkan dalam 49 laga di semua ajang. Rinciannya, mereka menang 40 kali dan imbang sembilan kali. Hingga kini, tak ada yang mampu mengalahkan Leverkusen.

Baca Juga: 6 Laga Lagi, Bayer Leverkusen Menuju Kesempurnaan Hakiki

3. Dominasi tim Jerman masih terasa musim ini

Dortmund dan Leverkusen Lagi di Final Liga Champions dan Liga EuropaGoogle

Keberhasilan Dortmund dan Leverkusen melaju ke final Liga Champions dan Liga Europa musim ini, mencerminkan kekuatan tim Jerman di kompetisi Eropa. Kendati diadang banyak situasi sulit, mereka tetap bisa melaju.

Nah sekarang, Dortmund dan Leverkusen tinggal selangkah lagi menggamit trofi Liga Champions dan Liga Europa. Akankah mereka berhasil, atau justru kenangan buruk 2001/02 akan terulang?

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya