Dugaan Match Fixing Bhayangkara FC vs Persik, PSSI: Buktikan!

Jangan hanya sekadar dugaan semata

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, turut merespons soal dugaan match fixing yang terjadi di laga pekan 31 Liga 1 2023/24 antara Bhayangkara FC lawan Persik Kediri. Dia ingin, agar dugaan itu bisa dibuktikan.

"Kalau dugaan-dugaan silahkan, tapi itu perlu dibuktikan. Seperti kemarin Persik melaporkan ke Satgas, saya sebagai Ketua Umum PSSI juga mengirimkan surat ke Komdis agar keduanya terpadu, jangan terbelah-belah," kata Erick di Menara Danareksa, Jumat (19/4/2024).

1. PSSI tetap melakukan pengawasan terhadap wasit

Dugaan Match Fixing Bhayangkara FC vs Persik, PSSI: Buktikan!Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick mengungkapkan, PSSI saat ini terus melakukan pengawasan terhadap wasit. Sebab, pengadil lapangan ini merupakan salah satu elemen dalam pertandingan yang berpotensi terlibat dalam match fixing.

"Saya juga pastikan kemarin dengan Komite Perwasitan, saya sudah bicara dengan Pak (Yoshimi) Ogawa, Pratap [Singh], Pak Rudi, Pak Jimmy (Napitupulu), Pak Purwanto, dan saya juga bicara dengan Pak Zainudin, Ibu Ratu Tisha, Pak Sekjen (Yunus Nusi), kita akan lakukan pengawasan, termasuk perwasitan," ujar Erick.

Baca Juga: Dugaan Match Fixing, Persik Lapor Satgas Anti Mafia Bola

2. Satgas selidiki dugaan match fixing di laga Bhayangkara vs Persik

Dugaan Match Fixing Bhayangkara FC vs Persik, PSSI: Buktikan!Bhayangkara FC lawan Persik di Liga 1. (ligaindonesiabaru.com)

Anggota Satgas Anti Mafia Sepak Bola PSSI, Akmal Marhali, mengaku pihaknya siap menyelidiki dugaan match fixing yang terjadi di laga Bhayangkara FC lawan Persik, Selasa (16/4/2024) malam WIB.

Persik sendiri melapor ke Satgas Anti Mafia Sepak Bola perihal dugaan match fixing dalam laga antara timnya melawan Bhayangkara FC. Secara mengejutkan, Bhayangkara yang berada di zona degradasi menang besar 7-0 atas Persik.

3. Ada sosok mencurigakan di laga Bhayangkara vs Persik

Dugaan Match Fixing Bhayangkara FC vs Persik, PSSI: Buktikan!Pemain Persik Kediri saat melawan Bhayangkara Presisi FC. IDN Times/ istimewa

Dari hasil laporan di lapangan, Satgas mengantongi informasi perihal keberadaan sosok mencurigakan di tribune saat laga. Sosok tersebut, kata Akmal, diduga sebagai runner yang jadi perantara bandar judi dalam mengatur skor.

"Satgas sedang menindaklanjuti adanya sosok mencurigakan di tribun saat pertandingan berlangsung. Sosok tersebut asing di kalangan sepak bola nasional," ujar Akmal.

Tak hanya laga Bhayangkara versus Persik, Satgas juga sedang mengevaluasi sejumlah laga lain yang mencatatkan skor yang tidak biasa. Satgas mengimbau klub yang mencium adanya kejanggalan agar mengikuti jejak Persik.

"Sebab ada indikasi beberapa laga lain yang hasilnya cukup janggal. Oleh karena itu kami mengimbau klub agar mengikuti jejak Persik yang melapor ke aparat berwenang selepas laga lawan Bhayangkara FC ini," ujar Akmal.

Baca Juga: Ada Dugaan Match Fixing dalam Laga Bhayangkara Lawan Persik

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya