Erick Jumpa STY Jelang Indonesia vs Vietnam, Curhat Kurang Pemain

Erick sadar bahwa Timnas Indonesia kurang pemain

Jakarta, IDN Times - Jelang pertemuan Indonesia lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) menggelar rapat pada Rabu (13/3/2024). Beberapa hal mereka bicarakan.

"Kemarin saya rapat dengan Coach Shin Tae Yong untuk persiapan pertandingan Indonesia lawan Vietnam di tanggal 21 dan 26 Maret. Ada beberapa hal yang kami diskusikan," ujar Erick di Menara Danareksa, Kamis (14/3/2024).

1. STY bicara soal banyaknya pemain yang cedera

Erick Jumpa STY Jelang Indonesia vs Vietnam, Curhat Kurang PemainShin Tae Yong nonton langsung Ivar Jenner saat tampil bersama Jong Utrecht, Sabtu (2/3/2024). (Instagram/@ shintaeyong7777).

Erick berujar, jelang laga tersebut, STY curhat bahwa banyak pemain Timnas Indonesia yang tidak bisa mentas. Ada dua pemain yang dipastikan absen, yaitu Shayne Pattynama dan Asnawi Mangkualam. Mereka absen dengan alasan berbeda.

"Coach Shin Tae Yong memaparkan memang ada beberapa pemain yang belum bisa bermain karena cedera dan lain-lain seperti Shayne Pattynama, lalu juga Asnawi Mangkualam masih akumulasi kartu," kata Erick.

Baca Juga: Timnas Indonesia Andalkan Tuah SUGBK Kontra Vietnam

2. Erick dan STY bicara soal kekurangan pemain untuk Timnas Indonesia

Erick Jumpa STY Jelang Indonesia vs Vietnam, Curhat Kurang PemainShin Tae Yong bersama Erick Thohir (instagram.com/shintaeyong7777)

Selain membicarakan jelang laga Indonesia vs Vietnam, Erick mengaku dia berdiskusi dengan STY perihal kekurangan pemain yang dialami Timnas Indonesia. Kekurangan itu terasa ketika beberapa pemain kunci macam Shayne dan Asnawi absen.

Ketika Shayne atau Asnawi absen, Timnas Indonesia hanya punya Pratama Arhan sebagai pengganti. Begitu juga lini tengah Indonesia yang terlalu terpaku pada Ivar Jenner, Ricky Kambuaya, Marselino, dan Marc Klok. Timnas perlu ban serep yang kualitasnya sepadan.

"Itu yang selalu saya bilang kan, berulang-ulang, kenapa kita perlu 150 pemain. Tentang pelapis. Itu yang saya bilang di senior pun kita harus punya 24 pemain yang standar-nya sama. Ketika kalau ada kartu atau cedera, kita bisa punya pemain pengganti yang sama kualitasnya," kata Erick.

3. Timnas Indonesia masih dan akan selalu mencari pemain berkualitas

Erick Jumpa STY Jelang Indonesia vs Vietnam, Curhat Kurang PemainTimnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Dengan kekurangan pemain ini, Erick berujar bahwa PSSI masih dan akan selalu mencari pemain berkualitas untuk membela Timnas Indonesia, entah itu diaspora, keturunan, atau lokal. Tak ada dikotomi antara naturalisasi dan lokal.

"Dan jangan terkotomi oh ini diaspora, lahir di sini, enggaklah, sudahlah. Perdebatan itu sudah lewat, siapa yang membawa Merah Putih itu yang kita dorong dan siapa yang mau terbaik," ujar Erick.

Timnas Indonesia akan bersua Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertemuan pertama akan dihelat di Jakarta, 21 Maret 2024, sedangkan pertemuan kedua digelar di Hanoi, 26 Maret 2024.

Baca Juga: Thom dan Ragnar Debut Bareng Timnas pada 26 Maret, Nathan Lebih Dulu

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya