Erick: STY Fokus Piala Asia U-23 2024, Jangan Pikir Kontrak

Erick ingin STY fokus penuh di Piala Asia U-23 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, meminta pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong tidak usah memikirkan soal kontrak. Dia ingin STY fokus saja pada target dari PSSI, yakni lolos fase gugur Piala Asia U-23 2024.

"Ada dua parameter untuk STY, yakni Timnas senior lolos 16 besar Piala Asia 2023 dan delapan besar Piala Asia U-23 2024. Kita punya komitmen itu, baru kemudian bicara perpanjangan kontrak untuk 2027," ujar Erick dalam keterangan resmi.

1. STY harus bawa Timnas U-23 tampil apik

Erick: STY Fokus Piala Asia U-23 2024, Jangan Pikir KontrakPotret Shin Tae Yong saat Timnas Indonesia melawan Jepang di Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024). (Dok. PSSI).

Erick menyatakan, meski sejauh ini puas atas kinerja STY, namun pihaknya harus memasang target prestasi di level Asia terhadap STY, tak terkecuali di Piala Asia U-23 2024. Apalagi, Timnas U-23 berisikan para pemain yang mentas di Piala Asia 2023.

"Di Piala Asia U-23 nanti, Indonesia harus bisa berbicara banyak. Apalagi banyak pemain U-23 kita masuk dalam skuad Timnas senior kemarin dan beberapa pemain sering jadi starting eleven. Itu modal yang sangat besar bagi STY," ujar Erick.

Baca Juga: Iwan Setiawan: STY Fokus ke Target, Jaga Etika ke PSSI

2. Pegang prinsip profesionalisme

Erick: STY Fokus Piala Asia U-23 2024, Jangan Pikir KontrakPotret latihan Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium. (Dok. PSSI).

Lebih lanjut, Erick berkata bahwa dia menegaskan prinsip profesionalisme dalam menanggapi rumor soal kontrak STY ini. Jika memang STY pada akhirnya dilirik negara lain, dia tidak bisa memaksakan hal itu.

"Saya kan orang profesional, jadi saya pegang prinsip itu. Jika Coach STY pada akhirnya dilirik negara lain, ya saya tidak bisa berbuat," ujar Erick.

3. Erick beberkan hal yang kurang dari Timnas Indonesia

Erick: STY Fokus Piala Asia U-23 2024, Jangan Pikir KontrakTimnas Indonesia lawan Australia di Piala Asia. (Dok. PSSI)

Erick berujar, berkaca di Piala Asia 2023 kemarin, Timnas Indonesia kekurangan pencetak gol andal. Ketika melawan Australia, skuad Garuda kesulitan membobol pertahanan lawan.

"Lihat bagaimana Australia kemarin. Jarang menyerang, tapi selalu efektif mencetak gol. Harus seperti itu. Tugas STY untuk segera benahi sektor itu agar target tercapai," ujar Erick.

Saat ini, STY sejatinya masih terikat kontrak bersama Timnas Indonesia dan PSSI. Masih ada tanggung jawab yang harus dia lakoni, yakni melatih skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026, dan Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga: STY Diminta Bertahan, PSSI: Lolos Grup Piala Asia U-23 Dulu

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya