Erick Thohir: JAS, JIS, Fokus Piala Dunia U-17 2023!

Erick ingin polemik JIS ini dihentikan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, agaknya sudah geram dengan polemik soal Jakarta International Stadium (JIS). Dia meminta agar polemik ini dihentikan, dan semua pihak termasuk masyarakat fokus ke Piala Dunia U-17 2023.

"Jadi saya tidak mau lagi berpolemik mengenai, jas, JIS, jas, JIS, saya hanya mau fokus bagaimana Piala Dunia U-17 2023 sukses di stadion mana pun," ujar Erick di Jakarta, Senin (10/7/2023).

1. Erick memegang komitmen Anies

Erick Thohir: JAS, JIS, Fokus Piala Dunia U-17 2023!Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Garuda Store, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (17/6/2023) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Erick pun kembali menyinggung komitmen eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, perkara JIS. Anies sudah pernah berkomitmen, JIS milik Indonesia dan terbuka untuk diperbaiki.

Alhasil, Erick pun ingin proses perbaikan yang kini dilakukan pemerintah terhadap JIS tidak dibawa ke ranah politik.

"Pak Anies (Baswedan) sudah bicara. Stadion JIS milik Indonesia, milik bangsa kita dan terbuka untuk diperbaiki. Nah sama, kita ini datang ke sana, bukan mempolitisasi aset yang ingin diperbaiki," ujar Erick.

Baca Juga: Buro Happold Sudah Prediksi Masalah JIS Sejak Lama

2. Ada enam sampai delapan stadion yang akan diajukan

Erick Thohir: JAS, JIS, Fokus Piala Dunia U-17 2023!Suasana persiapan acara kerja bakti di Stadion Gelora Bung Tomo pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Erick mengingatkan kembali, stadion yang diajukan untuk Piala Dunia U-17 2023 bukan cuma JIS. Beberapa di antaranya adalah stadion yang juga sudah melalui inspeksi FIFA untuk Piala Dunia U-20 2023 lalu.

"Kami sudah memiliki enam lapangan yang sebelumnya sudah lolos kualifikasi, dan kami tambahkan dua lagi. Salah satunya yaitu JIS, dan yang satunya berlokasi di dekat Jakarta," ujar Erick.

Terkait yang dekat dengan Jakarta, kemungkinan besar itu adalah Stadion Pakansari. Sebab, Persikabo 1973 sudah harus mengungsi akibat rumputnya diperbaiki.

3. Erick ajak semua pihak sukseskan Piala Dunia U-17

Erick Thohir: JAS, JIS, Fokus Piala Dunia U-17 2023!Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Lebih lanjut, Erick mengajak semua pihak untuk menekan polemik yang tidak penting. Dia mengajak masyarakat membantu menyukseskan Piala Dunia U-17 2023, usai Piala Dunia U-20 2023 lalu batal digelar di Indonesia.

"Kan kami ingin perbaiki ini sama-sama agar sukses Piala Dunia U-17 2023. Ada yang bilang juga U-20 dan U-17 berbeda, ya tapi tetap saja kejuaraan dunia. Memangnya mau gagal lagi? Masa sudah diberi kesempatan digagalkan lagi oleh diri sendiri?" ujar Erick.

Baca Juga: PSSI Ajukan 8 Stadion untuk Piala Dunia U-17 2023, Termasuk JIS

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya