Erick Thohir: Timnas Indonesia Harus Lebih Patriotik Atas Vietnam!

Indonesia harus punya daya juang tinggi

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia bakal melakoni laga penting di Piala Asia 2023. Bertempat di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1/2024), skuad Garuda akan bersua Vietnam dalam laga kedua Grup D.

Laga ini akan jadi penentu bagi Indonesia dan Vietnam. Memenangi laga ini, berarti membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Nah, jelang laga penting ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberi pesan pada pemain. Apa itu?

1. Erick ingin Indonesia lebih patriotik atas Vietnam

Erick Thohir: Timnas Indonesia Harus Lebih Patriotik Atas Vietnam!Ketum PSSI, Erick Thohir di Menara Danareksa. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick berujar, dia banyak melihat tim-tim negara lain bermain dengan jiwa patriot yang tinggi, tak terkecuali Vietnam. Dia ingin, di laga lawan Vietnam nanti, Timnas Indonesia lebih patriotik ketimbang Vietnam.

"Saya melihat banyak sekali tim-tim negara lain yang punya jiwa patriotik. Ini yang saya harapkan juga Timnas kita harus bisa tidak kalah patriotiknya. Sekarang ini kita benar-benar persiapkan tidak hanya fisik, tetapi mental juga," kata Erick di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga: Vietnam Tebar Ancaman, Mau Eksploitasi Kelemahan Timnas Indonesia

2. Erick sempat puji jiwa patriot Vietnam

Erick Thohir: Timnas Indonesia Harus Lebih Patriotik Atas Vietnam!Potret Vietnam saat melawan Jepang di Grup D Piala Asia 2023. (the-afc.com).

Sebelumnya, Erick memang sempat memuji jiwa patriot yang dimiliki para pemain Vietnam. Dia melihat, para pemain Vietnam selalu tampil heroik di setiap laga. Erick ingin semangat macam ini juga ditampilkan Timnas Indonesia.

"Salah satu kekuatan mereka itu (Vietnam) adalah patriotisme tinggi saat membela Timnas. Ini yang saya rasa pemain-pemain Indonesia perlu belajar dari Vietnam," kata Erick di Jakarta pada Senin, 15 Januari 2024 malam WIB.

3. Timnas Indonesia tak boleh punya pola pikir pesimistis

Erick Thohir: Timnas Indonesia Harus Lebih Patriotik Atas Vietnam!Timnas Indonesia lawan Irak di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Selain harus main dengan jiwa patriotik, Erick juga ingin para pemain Timnas Indonesia memiliki pola pikir optimistis. Dia tak ingin, Timnas Indonesia terjebak pola pikir yang penuh rasa pesimistis.

"Saya berharap Timnas Indonesia tampil maksimal, termasuk lawan Vietnam. Jangan terjebak pola pikir, wah sudah tidak dapat poin, lemas. Kalau lemas pulang saja. Saya yakin, skuad Garuda bisa beri yang terbaik di Piala Asia 2023 ini," kata Erick.

Baca Juga: Timnas Indonesia Harus Waspada, Vietnam Masih Jadi Nemesis

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya