Erick: Timnas Indonesia Harus Tiru Patriotisme Vietnam

Timnas Indonesia harus tiru Vietnam yang patriotis

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, Timnas Indonesia harus meniru satu hal yang acap ditunjukkan para pemain Timnas Vietnam saat berlaga di lapangan hijau. Hal itu adalah patriotisme.

Pria yang juga menjabat Menteri BUMN itu melihat para pemain Vietnam selalu tampil heroik bak patriot pembela bangsa di setiap laga. Erick ingin semangat macam ini juga ditampilkan Timnas Indonesia.

"Salah satu kekuatan mereka itu (Vietnam) adalah patriotisme tinggi saat membela Timnas. Ini yang saya rasa pemain-pemain Indonesia perlu belajar dari Vietnam," kata Erick di Jakarta, Senin (15/1/2024) malam WIB.

Baca Juga: Kalah dari Irak, Posisi STY di Timnas Indonesia Masih Aman

1. Indonesia harus all out seperti Vietnam

Erick: Timnas Indonesia Harus Tiru Patriotisme VietnamTimnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Erick juga melihat para pemain Vietnam tampil all out saat mentas di laga internasional. Alhasil, pemain Timnas Vietnam sempat menyulitkan Jepang di laga perdana Piala Asia 2023

Erick ingin para penggawa Tim Merah Putih juga tampil seperti itu.

"Saat main di Timnas, para pemain perlu all out. Vietnam juga bisa, masa Indonesia tidak bisa? Itu akan membuat kita jadi lebih kuat," kata Erick.

Baca Juga: Bekuk Vietnam, Jepang Mulai Tebar Ancaman di Piala Asia 2023

2. Indonesia harus mewaspadai Vietnam

Erick: Timnas Indonesia Harus Tiru Patriotisme VietnamTimnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Erick menambahkan, Indonesia tetap harus mewaspadai Vietnam di Piala Asia 2023 ini. Ketika lawan Jepang, meski tujuh pemain inti mereka cedera, mereka tetap bisa merepotkan tim asal Asia Timur itu.

"Vietnam saya rasa tim yang tangguh ya, tujuh pemain utama cedera dia masih bisa melawan Jepang, bahkan sempat unggul 2-1. Tapi ya pemain Jepang kelasnya beda, menang berbalik 4-2, jadi jangan pernah remehkan mereka," ujar Erick.

Baca Juga: Ketum PSSI: Tolong Pertahanannya Ya, Timnas Indonesia

3. Indonesia bakal bersua Vietnam di laga kedua Piala Asia 2023

Erick: Timnas Indonesia Harus Tiru Patriotisme VietnamTimnas Indonesia lawan Irak di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Indonesia mengawali langkah mereka di Piala Asia 2023 dengan kekalahan. Bertemu Irak di Ahmed bin Ali Stadium, Senin (15/1/2024) malam WIB, Asnawi Mangkualam dan kolega kalah dengan skor 1-3.

Peluang Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 belum pupus setelah kekalahan ini. Pada Jumat (19/1/2024), skuad Garuda akan bersua Vietnam. Memenangi laga ini jadi hal wajib bagi Jordi Amat dan kolega jika ingin lolos ke fase gugur.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya