Erling Haaland Ikuti Jejak Sang Ayah saat Gabung ManCity

Erling Haaland merapat ke City

Jakarta, IDN Times - Manchester City dikabarkan sudah menjalin kesepakatan dengan striker Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland. Manajemen ManCity bahkan isunya segera mengumumkan kedatangan resmi Haaland pada pekan ini, bersamaan dengan kabar pelepasan dari Dortmund.

ManCity memang tengah mencari pemain nomor 9 alias striker murni, seiring dengan hengkangnya Sergio Aguero. ManCity disinyalir harus merogoh kocek 64 juta poundsterling (setara Rp1,14 triliun) agar bisa mendaratkan penyerang asal Norwegia tersebut.

Dengan begini, Haaland pun semakin dekat mendekati jejak sang ayah, Alf Inge. Ketika masih aktif jadi pemain, sang ayah pernah merasakan atmosfer Premier League dan pernah main untuk The Citizens.

1. Alf Inge Haaland tidak lama main di City

Erling Haaland Ikuti Jejak Sang Ayah saat Gabung ManCityAlf-Inge Haaland. (Twitter/citysquarelive)

Sepanjang kariernya, Alf Inge sudah akrab dengan sepak bola Inggris. Dia pernah main bersama Nottingham Forest dan Leeds United, sebelum akhirnya pada 2000, memutuskan hijrah ke ManCity.

Sialnya, bersama ManCity, karier Haaland tidak berjalan lama. Sebuah tekel horor yang didapat dari Roy Keane membuatnya jadi manusia kaca. Alhasil, pada 2003, ManCity memutuskan untuk mengakhiri kontrak Alf Inge karena terlalu sering cedera.

Baca Juga: Manchester City Hampir Pasti Daratkan Erling Haaland

2. Meneruskan perjalanan sang ayah

Erling Haaland Ikuti Jejak Sang Ayah saat Gabung ManCityOkezone

Hadirnya Haaland ke ManCity juga jadi momen baginya untuk meneruskan perjalanan sang ayah. Akibat cedera lutut, sang ayah tidak bisa lama membela ManCity. Sekarang, giliran Haaland meneruskan perjalanan tersebut.

Namun, berbeda dengan sang ayah, Haaland datang ke ManCity dengan status sebagai salah satu pemain muda menjanjikan. Dia juga memiliki potensi yang begitu besar sebagai penyerang dan sudah ditunjukkan saat membela Red Bull Salzburg serta Dortmund.

3. Haaland bisa bikin lini depan ManCity makin tajam

Erling Haaland Ikuti Jejak Sang Ayah saat Gabung ManCityinstagram.com/erling.haaland

Sebagai penyerang, ada dua kekuatan utama yang dimiliki Haaland, yakni pergerakan tanpa bola dan penyelesaian akhir. Bicara yang terakhir, catatan 29 gol dari 27 laga di Salzburg, serta 85 gol dari 88 penampilan bersama Dortmund, sudah jadi bukti tajamnya Haaland.

Selain tajam, Haaland dikenal sebagai pemain yang juga punya pergerakan tanpa bola yang mumpuni. Kemampuan memanfaatkan sisi buta pertahanan lawan, berpadu dengan eksplosivitasnya, membuat Haaland acap menemukan ruang kosong di pertahanan lawan.

Haaland juga memiliki potensi untuk jadi pivot lini depan, menilik postur tubuh yang dimilikinya. Namun, jangan harap Haaland bisa seperti Harry Kane. Kemampuan mengumpan bola Haaland tidak terlalu bagus.

Meski begitu, berbagai atribut yang dimiliki Haaland ini akan membuat lini depan ManCity semakin tajam musim depan. Mereka akan memiliki opsi lain untuk mencecar pertahanan lawan, tidak cuma mengandalkan Gabriel Jesus semata.

Baca Juga: Kenangan Erling Haaland dengan Mino Raiola: Yang Terbaik!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya