Ernando Ari Buka-bukaan soal Penalti Timnas U-23: Gak Ada yang Mau

Ernando maju karena tak ada yang bersedia

Jakarta, IDN Times - Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari Sutaryadi, akhirnya buka suara terkait perannya sebagai eksekutor penalti di final Piala AFF U-23 kontra Vietnam. Dia mengaku mau maju karena tak ada pemain yang bersedia.

"Saya juga tidak tahu, dari pertama yang disiapkan lima penendang. Mungkin, kalau saya bisa menepis (keadaan bisa berubah), akhirnya sudah sampai lima tidak ada yang (mau) menendang. Akhirnya, coach Shin (Tae Yong) manggil saya," ujar Ernando di Jakarta, Senin (27/8/2023).

1. Ernando hanya menjalankan tugas

Ernando Ari Buka-bukaan soal Penalti Timnas U-23: Gak Ada yang Mauinstagram.com/nandoariiiss

Ernando mengakui hanya sebatas memenuhi tugas Shin selaku pelatih. Apalagi, dia juga sempat melakoni latihan penalti jelang final.

"Ketika dipanggil coach Shin, saya langsung ambil. Karena sudah dikasih kepercayaan pelatih, ya mau bagaimana. Sayang saja saya belum bisa menyelesaikan dengan baik," ujar Ernando.

Baca Juga: Kenapa Ernando Ari Menjadi Eksekutor Penalti Timnas U-23?

2. Ernando sudah berlatih penalti

Ernando Ari Buka-bukaan soal Penalti Timnas U-23: Gak Ada yang MauShin Tae Yong di Piala AFF U23 2023 (https://www.pssi.org/)

Shin mengungkapkan alasan memilih Ernando sebagai eksekutor ini adalah karena sudah rutin mengasah kemampuan penalti di sesi latihan. Alhasil, Shin pun tak ragu memilihnya, meski hasil tidak sesuai harapan.

"Ernando pemain yang sangat percaya diri. Di sesi latihan, dia juga sudah memoles kemampuan penaltinya beberapa kali dan bekerja dengan baik. Maka dari itu saya memilihnya, tapi di lapangan tidak selalu terjadi sesuai keinginan," ujar Shin.

3. Ernando tampil luar biasa

Ernando Ari Buka-bukaan soal Penalti Timnas U-23: Gak Ada yang MauKiper Persebaya, Ernando Ari saat berlatih. Instagram/@nandoariiis

Terlepas dari kegagalan eksekusinya di adu penalti, penampilan Ernando sejatinya begitu prima sepanjang 2x45 menit laga, ditambah babak perpanjangan waktu. Dia mampu menepis banyak sekali peluang Vietnam.

Tercatat, ada lima penyelamatan penting yang dilakukan Ernando, dan itu membuat Timnas U-23 mampu mengimbangi Vietnam di final Piala AFF U-23 2023 ini. Sayang saja, keberuntungan belum menghampirinya.

Baca Juga: Kerja Buruk Wasit yang Rugikan Timnas di Final AFF U-23

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya