FIFA: 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023 Sudah Baik, Termasuk JIS

FIFA puji kualitas venue Piala Dunia U-17 2023

Jakarta, IDN Times - FIFA mengeluarkan pernyataan resmi terkait empat venue yang digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023. Otoritas sepak bola dunia itu menyatakan kualitas semua venue sudah baik, termasuk Jakarta International Stadium (JIS).

"Empat stadion yang menjadi tuan rumah pertandingan telah menunjukkan performa yang sesuai dengan standar yang diharapkan dari sebuah turnamen sepakbola internasional," tulis keterangan resmi FIFA, dinukil dari situs resmi PSSI.

1. FIFA beri pujian khusus untuk JIS

FIFA: 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023 Sudah Baik, Termasuk JISSelebrasi push-up Iran U-17. (Dok. LOC).

FIFA berujar, sebagai stadion yang menjadi venue laga terbanyak, yakni 16 laga, JIS sudah melakukan beberapa uji coba dengan baik dalam jangkauan internasional yang optimal. FIFA mengapresiasi pembenahan yang dilakukan di JIS.

"PSSI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas stadion dan memenuhi persyaratan minimum stadion yang digunakan untuk turnamen resmi FIFA di JIS ini," cuit FIFA.

Baca Juga: Permudah Akses ke Stadion JIS, Kementerian PUPR Selesaikan JPO

2. Rumput Zoysia yang digunakan JIS tumbuh dengan baik

FIFA: 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023 Sudah Baik, Termasuk JISKondisi JIS jelang Piala Dunia U-17 2023. (IDN Times/Fauzan)

Senior Pitch Management FIFA, Alan Ferguson, secara khusus juga memuji kualitas rumput Zoysia yang digunakan JIS. Rumput ini dipanen dari Universitas Pelita Harapan (UPH) dan juga training centre Dewa United di puncak.

"Ini akan selalu menjadi tantangan tersendiri, terutama untuk kelembaban dan curah hujan di musim hujan. Namun, semua itu telah dikelola dengan sangat baik dengan gangguan yang minimal," ujar Alan.

3. Menjadi warisan bagi sepak bola Indonesia

FIFA: 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023 Sudah Baik, Termasuk JISPertandingan Pildun U-17 antara Venezuela vs Selandia Baru, Minggu (12/11/2023). Debbie Sutrisno/IDN Times

Lebih lanjut, Alan mengatakan bahwa keempat stadion yang jadi venue Piala Dunia U-17 2023 ini akan jadi warisan bagi sepak bola Indonesia. Mereka semua sudah teruji oleh laga internasional yang levelnya sudah tidak cuma Asia lagi, tapi dunia.

"Pemeliharaan lapangan, alat pemotong rumput, dan impor peralatan profesional, yang merupakan hal baru di Indonesia, saya pikir tidak hanya menyediakan platform yang bagus untuk turnamen yang hebat, tetapi juga menyediakan platform yang bagus untuk warisan yang hebat," kata Alan.

Khusus untuk JIS, stadion ini menggelar dua fase grup, dua laga babak 16 besar dan dua laga perempat final Piala Dunia U-17 2023. Total, sesuai dengan pernyataan FIFA, ada 16 laga yang akan dihelat di sini.

Baca Juga: Rumput JIS Terlihat Jelek di TV, Kenyataannya Gimana?

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya