FIFA Puji Sepak Bola Indonesia, Disebut Banyak Kemajuan

FIFA puji Indonesia yang tengah ciamik

Jakarta, IDN Times - Otoritas tertinggi sepak bola dunia, FIFA, memuji sepak bola dan juga Timnas Indonesia. Mereka menyoroti kemajuan yang dicatatkan skuad Garuda dalam beberapa bulan terakhir.

"Sepak bola Indonesia mengalami kemajuan yang baik," tulis FIFA dalam pernyataan resmi mereka, Senin (8/4/2024).

Baca Juga: Gegara Timnas Indonesia, Vietnam Babak Belur di Ranking FIFA

1. FIFA soroti kesibukan dan juga kenaikan peringkat Indonesia

FIFA Puji Sepak Bola Indonesia, Disebut Banyak KemajuanGianni Infantino berjabat tangan dengan Erick Thohir pada saat mejelang Final U-17 World Cup 2023 (instagram.com/pssi)

Pujian FIFA diberikan bukan tanpa alasan. Masih dalam keterangan resminya, mereka menyoroti kesibukan Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, juga kenaikan peringkat FIFA skuad Garuda yang terbilang drastis.

"Pada November dan Desember 2023, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Kemudian dalam ranking FIFA terbaru, Indonesia menjadi tim dengan peningkatan posisi tertinggi dan meraih poin terbesar," tulis FIFA.

2. Piala Dunia U-17 sukses tak lepas dari peran FIFA

FIFA Puji Sepak Bola Indonesia, Disebut Banyak KemajuanArgentina lawan Mali di Piala Dunia U-17 2023. (Dok. LOC Piala Dunia U-17 2023)

Menyoal Piala Dunia U-17 2023 yang sukses, PSSI menyebut kesuksesan ajang tersebut tak lepas dari peran FIFA. Ajang itu juga memacu perkembangan sepak bola di Tanah Air, terutama soal infrastruktur dan minat main sepak bola.

"Dengan kehadiran 437 ribu penonton yang luar biasa, turnamen ini [Piala Dunia U-17] memicu peningkatan minat dan partisipasi terhadap sepak bola di kalangan generasi muda Indonesia, sehingga memberikan landasan yang kuat bagi pertumbuhan berkelanjutan olahraga ini," kata PSSI kepada FIFA Inside.

Baca Juga: Timnas Indonesia Melesat di Ranking FIFA, Kangkangi Malaysia

3. Peringkat FIFA Indonesia naik drastis

FIFA Puji Sepak Bola Indonesia, Disebut Banyak KemajuanSelebrasi pemain Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)

Bicara tentang kenaikan peringkat FIFA, Timnas Indonesia melesat naik delapan peringkat dalam peringkat FIFA per 4 April 2024. Skuad Garuda naik delapan peringkat dari posisi ke-142 menjadi posisi 134.

Kenaikan ini tak lepas dari kemenangan back-to-back Timnas Indonesia lawan Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Peringkat FIFA skuad Garuda berpeluang naik lagi jika mereka mampu tampil apik pada Juni 2024.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya