FIFA Soroti Kualitas JIS, Masih Bisa Buat Piala Dunia U-17 2023?

FIFA kirim surat ke PSSI per 20 Juli 2023

Jakarta, IDN Times - FIFA akhirnya bersurat ke PSSI soal Piala Dunia U-17 2023. Dalam surat yang mereka kirimkan tertanggal 20 Juli 2023, Jakarta International Stadium (JIS) benar-benar jadi sorotan utama.

IDN Times mendapatkan salinan surat FIFA yang ditandatangani Alan Ferguson selaku Ahli Rumput Senior FIFA. Setelah kami telusuri, ternyata memang surat ini berfokus pada JIS semata dan tak menyinggung stadion-stadion lain.

1. Jadi, apa kata FIFA soal rumput JIS

FIFA Soroti Kualitas JIS, Masih Bisa Buat Piala Dunia U-17 2023?Penampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dalam suratnya, FIFA menyebut sudah mendapatkan informasi mengenai kondisi lapangan JIS dari ahli rumput PSSI. Dari situ, FIFA membuat penilaian bahwa lapangan JIS ternyata menggunakan tipe sistem karpet.

Sistem karpet ini masuk dalam sistem hybrid. Jadi, bagian atas karpet atau rumput stadion, menggunakan rumput organik. Sedangkan, bagian bawah rumput menggunakan karpet sintesis. Sistem karpet ini memang digunakan di beberapa stadion di dunia.

Namun, FIFA menjelaskan bahwa tipe sistem karpet di lapangan JIS ini memiliki efek negatif. Karpet yang berada tepat di bawah rumput organik akan jadi penghalang bagi akar rumput masuk ke tanah.

"Efek negatif dari sistem karpet ini adalah sistem pengakaran dari rumput. Karpet akan jadi penghalang antara akar rumput dan tanah, dan lapangan dengan tipe seperti ini juga akan sulit untuk dirawat secara teknis," tulis FIFA dalam suratnya.

Baca Juga: Renovasi Rumput JIS Buat Piala Dunia U-17 Gak Asal

2. Akan sulit juga digunakan untuk turnamen

FIFA Soroti Kualitas JIS, Masih Bisa Buat Piala Dunia U-17 2023?Suasana JIS di malam hari. (IDN Times/Sandy Firdaus)

FIFA juga mengungkapkan, sejatinya lapangan tipe sistem karpet ini diterapkan agar ketika stadion digunakan untuk ajang selain sepak bola, rumput bagian atas bisa dengan mudah diganti sehingga tidak menimbulkan kerusakan.

Namun, jika digunakan untuk ajang seperti turnamen sepak bola, di mana lapangan tidak hanya digunakan untuk satu laga, itu bisa menjadi masalah. Akar rumput yang tidak kuat akan menjadikan rumput kering, yang berimbas pada permukaan lapangan yang keras.

"Dengan lapangan tipe sistem karpet ini, kualitas lapangan akan langsung memburuk begitu digunakan dua sampai tiga pertandingan. Apalagi di stadion ini, rumput yang digunakan adalah rumput Zoysia, yang memang butuh perawatan khusus," cuif FIFA.

3. FIFA sarankan sistem karpet dibongkar

FIFA Soroti Kualitas JIS, Masih Bisa Buat Piala Dunia U-17 2023?Jakarta International Stadium (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Alhasil, FIFA pun tidak merekomendasikan JIS jadi venue Piala Dunia U-17 2023, jika mereka masih memakai tipe sistem karpet ini. Menurut perspektif mereka, karpetnya harus dibongkar jika ingin dipakai menjadi venue Piala Dunia U-7 2023, 

"Ketika sudah dibongkar, karpet yang panjang lima cm itu harus dibongkar. Harus disediakan media tanam yang baru untuk rumput, plus pemasangan rumput baru di atasnya," kata mereka.

Jika kelak rumput baru terpasang, FIFA ingin agar rumput ini dijahit dengan luas 2x18 cm, yang memang lumrah dilakukan Indonesia. FIFA berujar, proses ini memakan waktu delapan sampai 10 minggu.

"Dengan proses seperti itu, maka lapangan bisa digunakan untuk ajang sekelas turnamen, paling tidak dua grup bisa bermain di sana. Konsultan lapangan FIFA siap membantu Indonesia untuk melakukan ini," cuit FIFA.

4. Serupa dengan saran dari pemerintah dan Qamal

FIFA Soroti Kualitas JIS, Masih Bisa Buat Piala Dunia U-17 2023?Penjabat (PJ) Heru Budi Hartono bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Erick Thohir usai mengecek kondisi Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (4/7/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Apa yang diujarkan FIFA ini rupanya tidak jauh berbeda dengan hasil inspeksi pemerintah pada awal Juli lalu. Ketika itu, kondisi rumput JIS dinilai tidak layak pakai untuk gelaran Piala Dunia U-17 2023.

"Untuk jangka panjangnya, mungkin harus diubah rumputnya. Jujur, rumput yang sekarang tidak memenuhi kriteria FIFA. Agar bisa dipakai Piala Dunia U-17 2023, rumput harus diganti," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Mengamini pernyataan Basuki, Chairman Karya Rama Prima, Qamal Mustaqim, menyatakan masalah rumput di JIS terjadi lantaran ditanam di karpet sintetis. Alhasil, akar dari rumput pendek dan tidak tembus ke bawah tanah.

"Rumputnya ini jenis (zoysia) japonica, sama seperti di Stadion Si Jalak Harupat. Cuma ditanamnya di karpet sintetis. Jadi, medianya terlalu dangkal sehingga akar tidak tembus ke bawah," kata Qamal.

Nah, pada 28 Juli hingga 2 Agustus mendatang, FIFA berencana akan menginspeksi venue-venue yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023. Tentu, mereka akan mendatangi JIS secara langsung. Mari kita nantikan seperti apa penilaian mereka.

Baca Juga: Akhirnya, FIFA Bicara Soal Rumput JIS Lewat Surat ke PSSI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya