Football Institute: Program Naturalisasi Erick Tepat Guna

Para pemain naturalisasi era Erick sangat brilian

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia meraih kemenangan dua kali lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Founder Football Institute Budi Setiawan berkata, kemenangan ini adalah kesuksesan program naturalisasi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Ya kita harus jujur bahwa suksesnya Timnas mengatasi Vietnam karena suksesnya program naturalisasi yang dilakukan oleh ketua Umum PSSI Erick Thohir. Dia mampu memilih pemain yang sesuai kebutuhan," kata Budi dalam keterangannya.

1. Erick mampu berkolaborasi dengan pemangku kebijakan

Football Institute: Program Naturalisasi Erick Tepat GunaKetua Umum PSSI, Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (26/1/2024). (IDN Times/Tino)

Budi berujar, total sudah ada delapan pemain yang dinaturalisasi di zaman Erick ini. Bahkan, ada beberapa naturalisasi yang berjalan dengan satset. Semua karena Erick mampu berkolaborasi dengan para pemangku kebijakan di DPR.

"Erick mampu berkolaborasi dengan legislatif dan eksekutif, dalam hal ini DPR melalui unsur pimpinan Komisi X dan Komisi III. Mulai dari persetujuan DPR hingga pengambilan sumpah WNI. Tercatat ada delapan pemain naturalisasi dalam 1 tahun kepemimpinan Erick," kata Budi.

2. Reputasi Erick yang bagus di sepak bola internasional

Football Institute: Program Naturalisasi Erick Tepat GunaKetum PSSI, Erick Thohir di Menara Danareksa. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Budi mengungkapkan, reputasi Erick yang bagus di dunia sepak bola internasional, turut mengantarkan para pemain keturunan tersebut mau dinaturalisasi oleh Indonesia. Hal itu jadi tawar tersendiri juga bagi Timnas Indonesia.

"Erick mempunyai reputasi yang tidak terbantahkan di dunia sepak bola serta jaringan internasional yang baik dan bagus. Tanpa adanya dua hal ini tentu tidak mudah untuk melakukan delapan pemain naturalisasi yang punya rekam jejak yang baik," kata Budi.

3. Mulai banyak pemain keturunan Indonesia menunjukkan diri

Football Institute: Program Naturalisasi Erick Tepat GunaJustin Hubner tiba di Jakarta untuk membela Timnas kontra Vietnam, Minggu (17/3/2024). (IDN Times/Tino).

Buah dari berhasilnya program naturalisasi ini, Budi berkata bahwa mulai banyak pemain keturunan Indonesia yang menunjukkan diri. Mereka juga menunjukkan minatnya membela Timnas Indonesia.

"Bahkan, saat ini banyak pemain keturunan Indonesia di Eropa dan khususnya Belanda mulai menunjukkan jati diri ke-Indonesia-annya dan menyatakan minatnya untuk membela Timnas Indonesia," ujar Budi.

Selama era Erick Thohir, para pemain naturalisasi memang menunjukkan taji. Nama-nama macam Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner mulai menggema. Plus, sekarang ada Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Jay Idzes yang jadi idola.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya