Girona Bisa Gagal ke Liga Champions Gegara ManCity

Girona dan ManCity harus melepaskan ikatan

Jakarta, IDN Times - Girona saat ini tengah berbahagia. Mereka baru saja memastikan satu tempat di Liga Champions musim depan usai mengalahkan Barcelona. Namun, kebahagiaan ini bisa saja sirna karena Manchester City.

Kemenangan atas Barcelona dalam laga pekan 34 LaLiga 2023/24, membuat torehan poin Girona tak akan terkejar oleh Athletic Bilbao yang ada di posisi lima. Selisih 13 poin antara kedua tim sudah tak akan mungkin lagi disusul.

Akan tetapi, posisi Girona di Liga Champions musim depan malah terancam. Semua karena keterikatan mereka dengan City Football Group, yang merupakan bagian dari ManCity.

1. Ada aturan dari UEFA yang berpotensi dilanggar

Girona Bisa Gagal ke Liga Champions Gegara ManCityPotret Girona saat merayakan selebrasi gol (x.com/@GironaFC)

Dengan status kepemilikan Girona dan ManCity yang sama-sama berada di bawah naungan City Football Group, ada potensi aturan UEFA yang dilanggar. Aturan itu ada dalam pasal lima regulasi Liga Champions.

"Tidak ada satu pun klub yang berpartisipasi di kompetisi Eropa manapun, entah itu secara langsung atau tidak, memiliki kepemilikan yang sama, baik dari sisi manajemen, administrasi, hingga aspek kedirekturan," begitu bunyi aturan tersebut.

Menilik aturan ini, Girona agaknya kudu berbenah jika ingin mentas di Liga Champions. Apa saja perubahannya?

2. Banyak petinggi Girona yang rangkap jabatan di ManCity

Girona Bisa Gagal ke Liga Champions Gegara ManCityPemain Girona FC merayakan kemenangan atas Barcelona dan lolos ke Liga Champions musim depan (x.com/GironaFC)

Dilansir Relevo, rupanya banyak petinggi ManCity yang merangkap jabatan di Girona. Mereka adalah Ingo Bank, John MacBeath, dan Simon Cliff. Ada juga Quique Carcel yang memiliki ikatan dengan ManCity, dengan posisinya sebagai Direktur Olahraga Girona.

Jika ingin mentas di Liga Champions musim depan, Girona setidaknya harus mencopot nama-nama tersebut, atau tokoh lain di dalam manajemen, yang terikat dengan ManCity sebagai klub saudara.

3. Masih ada waktu bagi Girona untuk berbenah

Girona Bisa Gagal ke Liga Champions Gegara ManCitySkuad Girona merayakan kemenangan bersama fans pada LaLiga Spanyol 2023/2024. (twitter.com/GironaFC_Engl)

Saat ini, masih ada waktu bagi Girona untuk mengubah susunan manajemen. Intinya, mereka harus bisa membuktikan pada UEFA tidak ada keterikatan dengan ManCity dalam lingkup City Football Group.

Sebab, jika Girona tidak berbenah, bisa saja spot Liga Champions yang sudah dikunci diberikan kepada klub LaLiga lainnya. Lebih buruk, mereka juga berpotensi kena sanksi UEFA.

Baca Juga: MU dan ManCity Pecahkan Sejarah 139 Tahun di Piala FA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya