Comscore Tracker

Gol Mohamed Salah yang Monumental Bareng Liverpool

Mohamed Salah cetak 100 gol di Premier League

Jakarta, IDN Times - Sejak mencetak gol pertama kali di Premier League pada 22 Maret 2014, Mohamed Salah sudah tampil dalam 162 pertandingan. Sepanjang itu juga, pria Mesir itu mencetak gol demi gol di Inggris, entah itu ketika berseragam Chelsea atau Liverpool.

Tanpa terasa, dari 162 laga itu, Salah sudah membukukan 100 gol. Nama Salah pun kini terpatri dalam sejarah sebagai pemain ke-30 yang sukses membukukan 100 gol di Premier League. Kini, dia sejajar dengan Alan Shearer, Harry Kane, Sergio Aguero, dan Thierry Henry.

Catatan ini menunjukkan, Salah memang ditakdirkan untuk main di Inggris. Salah cocok bermain di Premier League.

1. Awal perjalanan Salah yang suram

Gol Mohamed Salah yang Monumental Bareng LiverpoolMohamed Salah (90min.com)

Salah mengenal Premier League sejak musim 2013/14 silam. Ketika itu, Chelsea yang mempromosikan Salah di Inggris. Mereka mengangkut Salah dari FC Basel. Namun, perjalanan Salah di Premier League bersama Chelsea tidak berjalan mudah, malah terbilang suram.

Salah, yang ketika itu masih muda, jarang mendapatkan jam terbang di Premier League. Manajer Chelsea kala itu, Jose Mourinho, tidak banyak memberi Salah kesempatan tampil. Alhasil, dia cuma main 13 kali di Premier League bersama Chelsea, berbalut torehan dua gol dan dua assist.

Karier yang sulit membuat Salah memutuskan pergi. Dia pun mendewasakan diri di Serie A.

Baca Juga: Pesta Liverpool Dirusak Cedera Horor Wonderkid

2. Berkembang di Serie A

Gol Mohamed Salah yang Monumental Bareng Liverpoolgoal.com

Pada pertengahan musim 2014/15, Salah memulai perjalanan di Serie A. Fiorentina jadi klub pertamanya di Italia. Bersama klub asal Florence itu, Salah mulai mereguk jam tampil lebih banyak, yakni 16 laga plus torehan enam gol dan tiga assist . Salah lalu hijrah ke AS Roma.

Bersama Roma, Salah mulai tampil lebih banyak. Dia membukukan 65 laga bersama Giallorossi, berbalut catatan 29 gol dan 19 assist. Salah makin matang dan menjadi pujaan publik Stadio Olimpico ketika itu. Dia sempat digadang-gadang jadi bintang Roma.

Akan tetapi, Salah memutuskan kembali ke Premier League. Tidak bersama Chelsea, sekarang Salah membela Liverpool. Dengan pengalaman yang lebih banyak, Salah sudah jauh lebih siap mengarungi Premier League.

3. Salah meledak bareng Liverpool

Gol Mohamed Salah yang Monumental Bareng Liverpooltwitter/liverpoolfc

Panggilan Premier League ternyata tidak bisa ditolak Salah. Liverpool menjanjikan satu tempat baginya di tim inti, dan Salah menjawab kepercayaan The Reds dengan baik. Kecepatan dan kemampuan dribel Salah nyatanya cocok dengan gaya main di Premier League.

Berbalut skema sepak bola metal ala Juergen Klopp, Salah menggila. Gol demi gol lahir dari kaki Salah. Kebanyakan gol itu hadir berkat kecepatan dan dribel yang dia miliki. Sepakan Salah juga terhitung kuat, terutama ketika melepaskan tembakan dengan kaki kiri.

Gol-gol ini pada akhirnya membawa Salah dan Liverpool terbang. Berbagai gelar sukses Salah sumbangkan untuk Liverpool, mulai dari gelar Liga Champions, Premier League, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub.

Tanpa terasa juga, 100 gol sudah Salah torehkan bersama Liverpool. Semua capaian ini belum tentu hadir jika Salah tidak memutuskan pulang ke Premier League. Kini, menyambut musim 2021/22, masih banyak yang bisa Salah sumbangkan untuk 'Si Merah'.

Baca Juga: Kontroversi dalam Cedera Horor Wonderkid Liverpool

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya