Comscore Tracker

Hitung-Hitungan Persaingan Grup E Piala Dunia 2022, Rapat!

Siapa yang akan lolos dari Grup E?

Jakarta, IDN Times - Setelah beberapa tim sudah memastikan kelolosan ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, kini tibalah giliran sejumlah negara di Grup E yang harus menentukan nasibnya. Ini merupakan salah satu grup terketat dengan diisi tim yang kuat.

Selain Jerman dan Spanyol, ada juga Jepang dan Kosta Rika yang masih memiliki peluang untuk lolos. Keempat tim ini masih akan melakoni laga terakhir fase grup pada Jumat (2/12/2022) dini hari. Jerman bersua Kosta Rika, Jepang bertemu Spanyol.

Nah, mari kita buat hitung-hitungan, siapa yang akan lolos ke fase gugur nantinya?

1. Spanyol lolos jika?

Hitung-Hitungan Persaingan Grup E Piala Dunia 2022, Rapat!Spanyol kalahkan Kosta Rika di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine)

Kondisi Spanyol sedikit menguntungkan ketimbang tim-tim lain. Di laga terakhir, mereka akan bertemu Jepang. Andai menang lawan Jepang, mereka sudah pasti lolos sebagai juara grup.

Hasil imbang pun tetap membawa Spanyol lolos, dengan syarat laga Jerman lawan Kosta Rika tidak menghasilkan pemenang. Jika kalah dari Jepang, Spanyol juga bisa tetap lolos andai Kosta Rika lawan Jerman berakhir imbang.

Andai Jerman menang, Spanyol kalah, tim Matador tetap bisa lolos. Syaratnya, Jerman tak boleh menang lawan Kosta Rika dengan selisih tujuh gol atau lebih.

Baca Juga: Klasemen Grup E Piala Dunia 2022: Jerman Masih Punya Harapan

2. Jerman terjepit

Hitung-Hitungan Persaingan Grup E Piala Dunia 2022, Rapat!Skuad Jerman saat melakukan aksi tutup mulut jelang duel melawan Jepang di Piala Dunia 2022 (Twitter @DFB_Team_EN)

Jerman juga masih bisa lolos, kendati baru mengumpulkan satu poin. Syaratnya, mereka harus menang atas Kosta Rika, dan Jepang kalah dari Spanyol. Jika Spanyol vs Jepang imbang, Der Panzer harus menang dengan selisih minimal dua gol.

Kemudian, jika Jepang menang atas Spanyol, Jerman tetap bisa lolos. Syaratnya, mereka harus menang atas Kosta Rika dengan selisih delapan gol atau lebih, tergantung kebobolan Spanyol.

3. Jepang menatap sejarah lain

Hitung-Hitungan Persaingan Grup E Piala Dunia 2022, Rapat!Jepang kalahkan Jerman di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Annegret HIlse)

Jepang memiliki keuntungan dalam persaingan Grup E ini, berkat kemenangan atas Jerman. Mereka bisa lolos ke 16 besar asalkan menang atas Spanyol. Mereka bahkan bisa keluar sebagai juara grup jika Jerman versus Kosta Rika berakhir imbang.

Selain itu, Jepang masih bisa lolos jika imbang lawan Spanyol, sedangkan di laga lain Kosta Rika kontra Jerman berakhir imbang. Kekalahan dari Spanyol akan membuat langkah Jepang sulit, bahkan tersingkir dari Piala Dunia 2022.

4. Kosta Rika lolos jika?

Hitung-Hitungan Persaingan Grup E Piala Dunia 2022, Rapat!Pemain Kosta Rika, Keysher Fuller, saat menjebol gawang Jepang (FIFA.com)

Kosta Rika juga masih bisa lolos, jika menang atas Jerman. Bahkan, mereka bisa jadi juara grup jika Jepang lawan Spanyol berakhir imbang. Kemenangan atas Jepang membantu Kosta Rika dalam persaingan di grup ini.

Bahkan, andai Kosta main imbang dengan Jerman, mereka tetap bisa lolos ke babak 16 besar. Syaratnya, Jepang harus kalah dari Spanyol. Jika Jepang menang, peluang Kosta Rika ke fase gugur Piala Dunia 2022 bakal menipis.

Baca Juga: Skenario Grup F Piala Dunia: Duel Hidup-Mati Kroasia Vs Belgia

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya