Indonesia vs Brunei Darussalam: Struick dan Marselino Absen

Struick dan Marselino belum pulih dari cedera

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, memastikan dua penggawa skuad Garuda tak bisa turun gelanggang lawan Brunei Darussalam, Kamis (12/10/2023). Mereka adalah Rafael Struick dan Marselino Ferdinan.

Shin menjabarkan, ada alasan tersendiri kenapa menepikan dua pemain tersebut dalam leg pertama babak awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini. Keduanya belum pulih sepenuhnya dari cedera.

"Memang pastinya starting besok Marselino dan Rafael tidak akan masuk, apalagi Rafael akan keluar dari daftar 23 pemain. Sebelum ke Timnas [Struick] sudah cedera dan sekarang sudah hampir sembuh dari cedera," ujar Shin dalam sesi jumpa pers di Gelora Bung Karno (GBK).

Baca Juga: Kelakar Brunei: Timnas Indonesia Pakai Formasi 1-1-8 Nanti

1. Shin tak akan paksakan keduanya main

Indonesia vs Brunei Darussalam: Struick dan Marselino AbsenPemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. (IDN Times/Tino).

Shin mengaku, mengambil keputusan ini lantaran tidak mau memaksakan keduanya main. Apalagi, tenaga Marselino dan Struick juga masih dibutuhkan, dan mereka berpotensi main di leg kedua pada 17 Oktober nanti.

"Saya tak akan paksa keduanya main, karena target besar kita baru akan dimulai November [babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026], jadi saya tak akan memaksa pemain agar tidak cedera," ujar Shin.

Baca Juga: Alasan Shin Tae Yong Tetap Panggil Sandy Walsh dan Marselino

2. Tetap diajak ke skuad Timnas

Indonesia vs Brunei Darussalam: Struick dan Marselino AbsenPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong marah-marah sebelum mulai latihan, Senin (9/10/2023). (IDN Times/Tino).

Kendati masih cedera, Shin tetap mengajak kedua pemain itu untuk bergabung ke skuad Timnas Indonesia di leg pertama babak awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini. Hal itu dilakukan untuk menjaga chemistry keduanya.

"Saya sengaja panggil biar kita tahu bagaimana kita bermain, dan permainan kita agar mereka tahu. Jadi saya sengaja panggil mereka. Untuk Marselino dan Rafael, bisa saja saya mainkan mereka di laga away di Brunei," kata Shin.

Baca Juga: Rafael Struick Berpotensi Tampil di Tim Utama ADO Den Haag

3. Jangan sampai Indonesia lengah

Indonesia vs Brunei Darussalam: Struick dan Marselino AbsenTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Shin juga berujar, Timnas Indonesia jangan sampai lengah di laga lawan Brunei nanti. Sebab, salah satu lawan berat yang harus diatasi skuad Garuda di laga nanti adalah kelengahan.

"Besok memang kita melawan Brunei, tetapi lawan yang paling berat bagi kita yaitu lengah. Jadi, yang penting kita bekerja keras lawan Brunei, pasti kita bisa menunjukkan yang terbaik," ujar Shin.

Merunut jadwal, Timnas Indonesia bakal dua kali bersua Brunei Darussalam di putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Leg pertama dihelat di Jakarta, Kamis (12/10/2023). Untuk leg kedua, dihelat di Bandar Seri Begawan pada 17 Oktober.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya