Comscore Tracker

Indonesia Vs Timor Leste, Momen Reuni Buat Shin Tae Yong

Shin dan Fabio pernah bersua pada 2015

Jakarta, IDN Times - Pertemuan Timnas Indonesia lawan Timor Leste pada 27 dan 30 Januari 2022 nanti akan jadi ajang reuni bagi Shin Tae Yong dan Fabio Magrao. Ya, sebelum laga yang dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta tersebut, Shin dan Fabio pernah bertemu sebelumnya.

Menarik mundur benang ke belakang, pertemuan ini bukan jadi kali pertama bagi Fabio dan Shin. Pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2016. Uniknya, saat itu mereka bertemu di Indonesia, yang menjadi tuan rumah dari Grup H.

1. Shin unggul telak atas Fabio

Indonesia Vs Timor Leste, Momen Reuni Buat Shin Tae YongShin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia. (pssi.org)

Jadi, dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2016 yang dihelat di Indonesia, Maret 2015, Shin dan Fabio pernah saling adu taktik. Shin ketika itu jadi pelatih Korea Selatan U-23, sementara Fabio jadi pelatih Timor Leste U-23. Pertemuan itu berlangsung berat sebelah.

Korea Selatan yang diperkuat Ryu Seung Woo dan Hwang Hee Chan, mampu menundukkan Timor Leste dengan skor telak, 3-0. Tiga gol Korea Selatan kala itu dicetak oleh Moon Chang Jin dan Kim Seung Jun.

Korea Selatan akhirnya lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2016. Mereka mengakhiri turnamen sebagai runner-up kala itu, usai tumbang dari Jepang U-23 di final yang diperkuat Takumi Minamino, Takuma Asano, dan Yuya Kubo.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Maaf, Timor Leste Tak Tangguh

2. Shin akui ada perkembangan di skuad Timor Leste

Indonesia Vs Timor Leste, Momen Reuni Buat Shin Tae YongTimor Leste tak bisa berbuat banyak di Piala AFF dan hanya jadi juru kunci Grup A Piala AFF 2020 tanpa sekalipun meraih kemenangan. (affsuzukicup.com)

Shin melihat adanya kemajuan dalam skuad Timor Leste saat ini. Di bawah asuhan Fabio, Timor Leste jadi tim yang mampu menguasai bola dengan baik, plus punya kecepatan tinggi. Hal ini mesti diwaspadai oleh Indonesia.

"Saya melihat ada kemajuan yang baik dari Timor Leste, dan saya juga menyaksikan mereka selama Piala AFF dari televisi, mulai dari kecepatan, dan juga dari segi penguasaan bola, mereka sudah lebih baik dari sebelumnya," ujar Shin dalam sesi jumpa pers, Rabu (26/1/2022).

3. Ajang bagi Shin mencoba para pemain U-23

Indonesia Vs Timor Leste, Momen Reuni Buat Shin Tae YongTimnas Indonesia di Laga lawan Taiwan. (pssi.org)

Shin juga mengungkapkan, laga lawan Timor Leste ini akan jadi momen buatnya menguji kekuatan para pemain U-23. Dalam waktu dekat, Timnas U-23 akan menghadapi ajang Piala AFF U-23 tanpa nama-nama macam Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, dan Elkan Baggott.

"Jadi untuk Piala AFF U-23 nanti, kami harus melihat dalam pertandingan nanti (lawan Timor Leste) bagaimana kuatnya tim ini. Namun untuk dapat prestasi terbaik, saya dan para pemain siap untuk bekerja keras," ujar Shin Tae Yong.

Indonesia akan bersua Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, dalam rangka FIFA Matchday. Laga ini akan dihelat pada 27 dan 30 Januari 2022, sekaligus jadi bagian persiapan skuad Garuda jelang Piala AFF U-23.

Baca Juga: Shin Tae Yong Ralat Komentar Soal Timor Leste Lemah

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya