Indonesia vs Vietnam: Bak Final Piala AFF atau SEA Games

Indonesia vs Vietnam berpotensi seru

Jakarta, IDN Times - Pelatih Vietnam, Philippe Troussier, agaknya benar-benar menganggap penting laga Timnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024). Dia menyebut laga ini bak final Piala AFF atau SEA Games.

"Pertemuan lawan Indonesia nanti akan sulit. Saya berharap seluruh tim Vietnam bermain maksimal, karena pertandingan ini bisa dibilang tidak ada bedanya dengan final Piala AFF atau SEA Games," ujar Troussier dalam sesi jumpa pers jelang laga.

1. Vietnam harus menguasai bola

Indonesia vs Vietnam: Bak Final Piala AFF atau SEA GamesPotret Vietnam saat melawan Jepang di Grup D Piala Asia 2023. (the-afc.com).

Troussier berujar bahwa kunci agar Vietnam bisa memenangi laga lawan Indonesia adalah penguasaan bola. Jika mampu menguasai bola dengan baik, skuad 'Bintang Emas' bisa mengunci kemenangan.

"Pada laga melawan Indonesia nanti, penguasaan bola jadi sesuatu yang penting, karena para pemain harus menjaga kepercayaan diri. Para pemain Indonesia sangat cepat dan punya fisik bagus," ujar Troussier.

Baca Juga: Marselino, Sosok yang Vietnam Waspadai dari Timnas Indonesia

2. Kekompakan Indonesia yang merepotkan

Indonesia vs Vietnam: Bak Final Piala AFF atau SEA GamesTimnas Indonesia lawan Irak di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Troussier menyebut kekompakan skuad Indonesia juga patut diwaspadai. Dia melihat, kendati kalah dari Irak, para pemain Indonesia memiliki daya juang yang ciamik.

"Selain Marselino, harus dikatakan kekuatan terbesar Timnas Indonesia adalah kekompakan. Meski kalah lawan Irak, mereka memperlihatkan semangat juang yang tinggi. Mereka seimbang saat menyerang dan bertahan," kata Troussier.

3. Vietnam diuntungkan rekor pertemuan

Indonesia vs Vietnam: Bak Final Piala AFF atau SEA GamesTimnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Jelang laga nanti, Vietnam diuntungkan oleh rekor pertemuan mereka yang apik saat bersua Indonesia. Dalam enam pertemuan terakhir, Timnas Indonesia tak pernah menang lawan Vietnam. Semua berawal dari skor 2-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2016.

Selepas itu, Vietnam jadi lawan yang sulit dikalahkan Indonesia. Dalam enam pertemuan terakhir lawan skuad 'Bintang Emas', skuad Garuda mencatatkan tiga kali hasil imbang dan tiga kali kekalahan. Di Piala AFF dan SEA Games, keduanya juga rutin bertemu.

Baca Juga: Erick Thohir: Timnas Indonesia Harus Lebih Patriotik Atas Vietnam!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya