Indonesia vs Vietnam Jadi Laga Hidup Mati bagi Troussier

Troussier di tengah ancaman pemecatan

Jakarta, IDN Times - Bagi Philippe Troussier, laga Timnas Indonesia lawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis, 21 Maret 2024 tak ubahnya laga hidup mati. Nasibnya sebagai pelatih dipertaruhkan.

Troussier mengaku, saat ini hampir 80 persen masyarakat Vietnam menginginkan dirinya dipecat. Bahkan, banyak yang berharap agar Vietnam kalah, sehingga ada alasan dari VFF (Federasi Sepak Bola Vietnam) untuk memecatnya.

"Saya pikir di Vietnam ada banyak orang, mungkin sekitar 80 persen, yang mengharapkan Vietnam kalah di laga lawan Indonesia ini, dan berpikir kapan VFF akan memecat saya. Mereka menunggu kapan saya digantikan," kata Troussier dalam sesi jumpa pers.

1. Pendekatan Troussier dikritik fans

Indonesia vs Vietnam Jadi Laga Hidup Mati bagi TroussierJumpa pers jelang laga Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK, Rabu (20/3/2024). (IDN Times/Tino)

Troussier berujar, banyak fans yang menyebut pendekatannya di Timnas Vietnam ini kurang cocok. Malah, ada anggapan yang menyebut bahwa dia sudah menyabotase sepak bola Vietnam. Dari situlah, suara-suara sumbang soalnya bermunculan.

"Banyak yang menganggap pendekatan saya di Vietnam tidak tepat, malah ada yang menganggap saya menyabotase sepak bola Vietnam. Itu yang saya lihat, dan masyarakat terkena dampaknya," kata Troussier.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Indonesia Ingin Cetak Banyak Gol ke Gawang Vietnam 

2. Sebuah hal yang wajar bagi Troussier

Indonesia vs Vietnam Jadi Laga Hidup Mati bagi TroussierPemain Timnas Vietnam Do Duy Manh (tengah). (vff.org.vn)

Lebih lanjut, Troussier berkata bahwa tekanan dari fans ini adalah hal yang wajar. Sekarang, yang bisa dia lakukan adalah fokus mengampu skuad Vietnam sebisa mungkin, karena dia melihat para pemain masih semnagat.

"Saya pikir pelatih di dunia pasti pernah ada di posisi saya ini. Secara pribadi, saya selalu fokus pada apa yang bisa saya lakukan dengan tim Vietnam. Saya merasa pemain selalu memberi yang terbaik di setiap laga," kata Troussier.

3. Vietnam siap repotkan Indonesia

Indonesia vs Vietnam Jadi Laga Hidup Mati bagi TroussierNguyen Quang Hai (Instagram.com/nguyenquanghai12041997)

Troussier mengaku, dia tak bisa menjanjikan kemenangan bagi Vietnam di laga lawan Indonesia nanti. Namun, satu hal yang pasti, dia berjanji Vietnam akan memberikan waktu yang sulit bagi para penggawa skuad Garuda.

"Saya memang tidak bisa memprediksi hasil pertandingan nanti, tetapi saya menjamin bahwa para pemain Vietnam akan turun dengan semangat tinggi di laga lawan Timnas Indonesia nanti," kata Troussier.

Baca Juga: Shin Tae Yong Belum Bisa Garansi Jay dan Nathan Starter Kontra Vietnam

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya