Ini Format Championship Series Liga 1 2023/24, Mirip Playoff NBA

Liga 1 menuju babak championship series

Jakarta, IDN Times - Reguler series Liga 1 2023/24 akhirnya tuntas pada Selasa (30/4/2024). Sekarang, kompetisi level tertinggi sepak bola Indonesia itu beranjak menuju babak baru, yakni championship series. Formatnya mirip playoff NBA.

Empat tim sudah memastikan tempat di championship series. Mereka adalah Borneo FC Samarinda, Persib Bandung, Bali United, dan Madura United. Nah, seperti apa format dari championship series ini dan kapan babak itu akan dimulai?

1. Formatnya tidak jauh dengan playoff NBA

Ini Format Championship Series Liga 1 2023/24, Mirip Playoff NBANikola Jokic (nba.com)

Jadi, championship series ini akan mengambil format yang tidak jauh dengan playoff NBA. Di babak playoff NBA, tim peringkat atas akan bertemu peringkat bawah. Peringkat satu bertemu delapan, dua bertemu tujuh, dan seterusnya.

Khusus di championship series Liga 1 2023/24, peringkat satu akan bertemu peringkat empat, dan peringkat dua bertemu peringkat tiga, dalam format dua leg. Jadi, Borneo FC akan bersua Madura United, sedangkan Persib melawan Bali United.

Nanti, keempat tim itu akan saling bertemu dalam babak semifinal championship series. Pemenang dari laga ini akan bersua di final championship series.

Baca Juga: 5 Semifinal Terakhir Bayern Munich dan Real Madrid di Liga Champions

2. Dimulai pada awal Mei 2024

Ini Format Championship Series Liga 1 2023/24, Mirip Playoff NBAJalannya laga antara Bali United (merah) vs Arema FC (putih). (Instagram.com/baliunitedfc)

Berkenaan jadwal, championship series Liga 1 2023/24 akan dimulai tidak lama setelah pekan 34 tuntas. Merunut jadwal, seri ini akan dimulai pada 5 Mei 2024. Jadi, leg pertama semifinal akan dihelat 5 Mei 2024, sedangkan leg kedua digelar 11 Mei 2024.

Untuk final championship series sendiri, akan dihelat dalam dua leg juga, mirip playoff NBA dan final Piala AFF. Leg pertama digelar pada 19 Mei, dan leg kedua dihelat 25 Mei 2024.

3. Bukan format yang baru

Ini Format Championship Series Liga 1 2023/24, Mirip Playoff NBADewa United di ajang Liga 1 2023/24. (Dok. Dewa United FC)

Sejatinya, format championship series ini bukanlah format baru di Liga 1. Dahulu, ketika liga masih menggunakan sistem dua wilayah, kerap ada babak semifinal dan final untuk menentukan siapa juaranya. Ada juga babak delapan besar.

Championship series Liga 1 2023/24 ini hanya jadi penyederhanaan proses babak delapan besar liga zaman dahulu. Tentu, dengan mengadopsi sistem play-off NBA, dan juga ada unsur-unsur Piala AFF di situ.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya