Jangan Salahkan Wasit dalam Antiklimaks Timnas U-23

Fans Timnas U-23 tak usah lagi salahkan wasit

Jakarta, IDN Times - Pengamat dan komentator sepak bola nasional, Hadi Gunawan, menyatakan sebenarnya tak ada hal kontroversial yang dilakukan wasit dalam laga-laga Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Dalam pandangannya, wasit sudah bekerja dengan baik.

"Menurut saya, wasit sudah berjalan dalam trek yang bagus sekali di Piala Asia U-23 2024. Kalau ada kesalahan-kesalahan kecil itu sifatnya masih manusiawi," kata Hadi dalam Space X IDN Times bertajuk "Apresiasi Timnas U-23: Kalian Pemenang!".

1. Wasit hanya kontroversial saat laga lawan Qatar

Jangan Salahkan Wasit dalam Antiklimaks Timnas U-23Timnas U-23 lawan Irak di Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Menurut catatan Bung Ahay (sapaan akrab Hadi) wasit Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024 hanya kontroversial saat laga lawan Qatar. Di laga itu, dia menyoroti ada beberapa insiden yang seharusnya dicek VAR, ternyata tidak.

"Kalau buat saya, agak sedikit menjadi catatan itu saat laga lawan Qatar saja. Di laga tersebut, ada beberapa insiden yang seharusnya dicek VAR, tetapi wasit tidak melakukannya," kata Bung Ahay.

Baca Juga: Sivakorn Pu Udom, Wasit VAR yang Kembali Rugikan Timnas U-23

2. Komentar Bung Ahay soal kontroversi VAR

Jangan Salahkan Wasit dalam Antiklimaks Timnas U-23Sivakorn Pu-Udom dan Hanna Hattab, wasit VAR di laga Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024 (youtube.com)

Terkait kontroversi VAR di beberapa laga Timnas U-23, Bung Ahay menyatakan pada akhirnya wasit VAR juga melakoni proses diskusi sebelum memberi keputusan. Nantinya, mereka akan memberi masukan pada wasit utama selaku pemegang akhir keputusan.

"VAR itu kan tidak bisa tiba-tiba langsung diambil keputusan. Di ruang wasit VAR itu pasti ada diskusi juga dan memberikan rekomendasi ke wasit tengah. Kita juga bisa melihat review-nya dari beberapa angle," kata Bung Ahay.

3. Pada akhirnya, wasit tak bisa sesuai selera

Jangan Salahkan Wasit dalam Antiklimaks Timnas U-23Timnas U-23 lawan Irak di Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Bung Ahay menuturkan wasit tak bisa sesuai dengan selera fans. Subyektivitas wasit dalam mengambil keputusan harus dihargai. Apalagi, mereka juga mengacu pada aturan dan ada lisensi yang mereka pertaruhkan.

"Perlu diingat, wasit menilai insiden dalam sebuah laga dengan pertanggungjawaban lisensi. Khusus wasit di laga Timnas U-23, mereka sudah memimpin dengan baik di tengah intensitas laga yang tinggi," kata Bung Ahay.

Baca Juga: Kelemahan Timnas U-23 di Piala Asia U-23: Kualitas yang Timpang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya