Jepang Juara Piala Asia U-23 2024 Usai Bekuk Uzbekistan

Tim Samurai Biru muda menang atas Uzbekistan 1-0

Jakarta, IDN Times - Jepang sukses menjadi juara Piala Asia U-23 2024. Dalam laga final yang dihelat di Jassim bin Hamad Stadium, Jumat (3/5/2024) malam WIB, tim Samurai Biru muda menang atas Uzbekistan dengan skor tipis 1-0.

Gol tunggal kemenangan Jepang di laga ini dicetak Fuki Yamada pada menit 90+1. Jepang pun sukses mengunci gelar Piala Asia U-23 kedua mereka pada 2024 ini.

Di awal-awal babak pertama, laga sejatinya berjalan seimbang. Jepang dan Uzbekistan tampak saling membaca diri satu sama lain. Mereka tidak buru-buru melakukan tekanan dan menyerang secara serampangan.

Barulah memasuki pertengahan babak pertama, Uzbekistan mulai bergerak. Dominasi yang mereka pertontonkan saat menghadapi Indonesia, mereka tunjukkan kembali di laga lawan Jepang ini. Umpan-umpan pendek cepat jadi senjata mereka.

Namun, Jepang memang beda dengan Indonesia. Ditekan seperti ini, mereka mampu menangkalnya dengan tenang. Malah dalam beberapa kesempatan, mereka mampu melancarkan serangan balik berbahaya ke gawang Uzbekistan.

Sepanjang babak pertama, baik itu Jepang maupun Uzbekistan kesulitan mencetak angka. Berbagai upaya yang mereka lakukan tak ada satu pun yang berbuah gol. Alhasil, babak pertama final Piala Asia U-23 2024 berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Uzbekistan masih jadi tim yang lebih dominan ketimbang Jepang. Apalagi, mereka memasukkan beberapa nama baru, salah satunya Umarali Rakhmonaliev. Aliran bola masih mereka kuasai.

Namun, Jepang yang juga memasukkan nama-nama baru macam Fuki Yamada dan Sota Kawasaki, masih mampu mengimbangi permainan Uzbekistan. Tetap dengan serangan balik tajam mereka, permainan Jepang masih efektif di babak kedua ini.

Di akhir babak kedua, tepatnya menit 90+1, gol yang ditunggu itu akhirnya datang juga. Lewat umpan apik dari Ryotaro Araki, Yamada yang masuk di babak kedua jadi pemecah kebuntuan bagi Jepang. Skor berubah 1-0.

Uzbekistan sebenarnya punya kesempatan menyamakan angka pada menit 90+7 lewat sepakan penalti. Akan tetapi, sepakan dari Rakhmonaliev mampu dimentahkan kiper Jepang, Leo Kokubo. Skor 1-0 tak berubah sampai babak kedua tuntas.

Jepang pun resmi jadi juara Piala Asia U-23 2024 berkat kemenangan atas Uzbekistan ini. Tidak cuma itu, gelar ini juga yang kedua bagi tim Samurai Biru muda, setelah pada 2016 mereka juga mendapatkan gelar serupa.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang di Piala Asia U-23 2024 yang Berkarier di Luar Negeri

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya