Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023!

Kalahkan Prancis melalui drama adu penalti

Jakarta, IDN Times - Jerman menjadi juara Piala Dunia U-17 2023. Bersua Prancis di Stadion Manahan pada Sabtu (2/12/2023) malam WIB, Max Moerstedt dan kolega menang di babak adu penalti dengan skor 4-3.

Kedua kesebelasan sempat bermain imbang 2-2 sepanjang waktu normal. Gol-gol di laga ini dicetak oleh Paul Brunner (29'), Noah Darvich (51') untuk Jerman, serta Saimon Bouabre (53'), Mathis Amougou (85') untuk Prancis.

Hasil ini membuat Jerman sukses mengawinkan gelar Piala Dunia U-17 2023 dan Euro U-17 2023.

Sejak awal laga, Jerman sebagai tim tamu menekan Prancis dengan agresif. Dimotori Paris Brunner, Noah Darvich, Bilal Yalcinkaya, dan Max Moerstedt, mereka menekan lini pertahanan Prancis sedemikian rupa. Gol sempat mereka cetak di awal, namun dianulir karena offside.

Prancis berusaha merespons permainan agresif Jerman ini dengan pertahanan apik yang jadi ciri khas mereka. Tidak cuma menahan para pemain, Prancis juga berusaha menutup ruang kreasi para pemain Jerman. Upaya ini berhasil sampai menit 20. Jerman kesulitan.

Memasuki pertengahan babak pertama, laga berjalan lebih ketat. Akan tetapi, Jerman pada akhirnya mampu mencetak angka terlebih dahulu. Mereka mendapatkan penalti pada menit 29. Semua berawal dari terjatuhnya salah seorang pemain Jerman di kotak penalti.

Sempat ragu, wasit akhirnya mengecek Video Assistant Referee (VAR) dan memberikan penalti untuk Jerman. Brunner yang jadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Skor berubah 1-0 untuk Jerman.

Unggul satu angka menjadikan Jerman bermain lebih agresif. Mereka berusaha membuat Prancis tidak berkembang, dengan cara menekan mereka sedari menguasai bola di lini pertahanan. Hal itu membuat Prancis makin tertekan.

Di sisa waktu babak pertama, Jerman masih bermain dengan agresif. Mereka bahkan tak segan menghentikan Prancis dengan permainan yang keras. Hal itu membuat Prancis tidak berkutik. Hingga babak pertama tuntas, skor 1-0 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Jerman masih belum berhenti menekan. Pada menit 51, mereka menggandakan angka via sontekan Noah Darvich. Skor berubah 2-0 untuk Jerman. Tertinggal dua angka, Prancis baru menggebrak.

Selang dua menit setelah gol Darvich, Prancis sukses memperkecil ketertinggalan. Manuver apik yang dilakukan Saimon Bouabre sukses berujung gol. Skor berubah menjadi 1-2, masih ada harapan bagi Prancis.

Usai gol Prancis ini, kedua tim langsung melakukan perubahan. Jerman memasukkan Robert Ramsak dan Almugera Kabar, sedangkan Prancis memasukkan Nhoa Ryan Sangui. Perubahan ini menjaga intensitas permainan.

Keuntungan didapat Prancis pada menut 69. Salah satu pemain Jerman, Winners Osawe, harus menerima kartu merah lantaran mendapatkan kartu kuning kedua. Prancis pun unggul satu pemain atas Jerman, dan mereka coba memanfaatkan keunggulan ini.

Masuk menit 70, Prancis jadi tim yang lebih dominan menekan Jerman. Hal itu tak lepas dari Jerman yang sudah beralih ke mode bertahan. Mereka memilih untuk menunggu dan itu memberikan keleluasaan bagi Prancis untuk menekan.

Pada menit 85, Prancis memetik buah dari tekanan agresif yang mereka lepaskan. Serangan apik dari sisi kanan sukses diselesaikan Mathis Amougou lewat sepakannya. Prancis berhasil menyamakan angka.

Di sisa waktu babak kedua, Jerman dan Prancis masih berjuang untuk menambah angka. Jerman yang awalnya pasif, kini perlahan mulai aktif menyerang lagi. Beberapa peluang sukses mereka ciptakan, salah satunya via Moerstedt.

Namun, Prancis juga tidak kalah ciamik. Mereka tetap mempertahankan intensitas penyerangan mereka ke lini pertahanan Jerman, walau urung membuahkan hasil. Skor 2-2 tetap bertahan untuk kedua tim, dan laga berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti ini, Jerman menang dengan skor 4-3. Sangui, Bastien Meupiyou, dan Tidian Gomis dari Prancis gagal mengeksekusi penalti. Untuk kedua kalinya, Jerman mengalahkan Prancis dan sukses menjuarai Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga: Final Piala Dunia U-17 2023, Jerman Siap Ukir Sejarah Baru

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya