Kapan Venue Piala Dunia U-17 2023 Ditentukan FIFA?

FIFA belum umumkan venue Piala Dunia U-17

Jakarta, IDN Times - Tuntas sudah inspeksi FIFA dalam rangka pengecekan venue Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Sejak 28 Juli sampai Rabu (2/8/2023), mereka sudah berkeliling ke beberapa kota.

Namun, ternyata inspeksi ini hanya jadi jalan awal. Pada 26 Agustus 2023 nanti, FIFA akan kembali ke Indonesia. Di momen itulah, otoritas sepak bola dunia itu akan menentukan venue-venue untuk Piala Dunia U-17 2023.

"Pada 26 Agustus 2023 nanti, FIFA akan datang ke Indonesia lagi dengan tim yang lebih besar, sekitar 10 sampai 20 orang untuk memastikan apakah kami sudah memberikan hasil sesuai kesepakatan," ujar Erick dalam sesi jumpa pers di Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (2/8/2023).

1. Perwakilan FIFA yang datang berasal dari Eropa dan Australia

Kapan Venue Piala Dunia U-17 2023 Ditentukan FIFA?Ketum PSSI, Erick Thohir bersama Waketum PSSI, Zainudin Amali. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick mengungkapkan, perwakilan FIFA yang datang berasal dari Eropa dan Australia. Nantinya, selain menentukan venue mana saja yang akan dipakai, para perwakilan FIFA juga melakukan pendampingan kepada PSSI dan pemerintah Indonesia.

"Ada tim dari Australia dan Eropa yang datang, untuk memastikan lapangannya (venue). Nanti juga memberikan pendampingan, karena mereka membawa konsultan dari Australia," ujar Erick.

Baca Juga: PSG Uring-uringan Soal Mbappe, Bakal Laporkan Real Madrid ke FIFA

2. Rumput jadi catatan utama, ada juga akses

Kapan Venue Piala Dunia U-17 2023 Ditentukan FIFA?Jakarta International Stadium (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Erick menyatakan catatan soal rumput dari FIFA ternyata tidak hanya berlaku untuk Jakarta International Stadium (JIS). Lebih jauh, catatan rumput juga diberikan ke venue-venue lain.

Khusus JIS, ada catatan tambahan yang diberikan FIFA, yakni soal akses. Untuk membenahi akses ini, Erick mengaku PSSI akan berkonsolidasi dengan berbagai pihak terkait.

"Seperti pembicaraan dengan Pemda DKI, Jakpro, PUPR, kemarin yang saya juga dilaporkan nanti Jakpro dan PUPR akan berkonsolidasi melakukan perbaikan akses dan infrastruktur," kata Erick.

Baca Juga: Menpora Dito: Piala Dunia U-17 2023 Tak Pakai SUGBK

3. Administrasi yang harus selesai sebelum 26 Agustus

Kapan Venue Piala Dunia U-17 2023 Ditentukan FIFA?Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Erick mengaku FIFA memiliki perhitungannya sendiri untuk menentukan venue Piala Dunia U-17 2023. Namun, sebelum itu terjadi, ada hal lain yang harus dipenuhi oleh Indonesia sebagai tuan rumah.

"Jadi sebelum 26 Agustus, FIFA ingin soal administrasi sudah selesai, seperti government guarantee, host city agreement, dan lainnya. Jangan sampai mereka pulang, tak ada hitam dan putih," ujar Erick.

Ada empat stadion yang sudah diinspeksi FIFA sebagai calon venue Piala Dunia U-17 2023. Mereka adalah Stadion Manahan, Gelora Bung Tomo, Stadion Si Jalak Harupat, dan Jakarta International Stadium (JIS). Nah, stadion manakah yang akan lolos?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya