Kelakar Indra Sjafri Soal 3 Pemain Keturunan di Timnas U-20

Indra Sjafri berkelakar soal pemain keturunan

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, berkelakar soal keberadaan tiga pemain keturunan di skuad Timnas U-20. Uniknya, kelakar ini tercipta karena dia menyangkal pernyataannya sendiri.

Semua berawal dari penjelasan Indra mengenai adanya tiga pemain keturunan di skuad Timnas U-20 dalam pemusatan latihan (TC) di Jakarta ini. Kemudian, wartawan pun bertanya siapa pemain keturunan itu.

Jawaban dari Indra cukup mencengangkan. Dia malah berkelakar soal tiga pemain keturunan yang sekarang ada di skuad Garuda Muda

Baca Juga: Indra Sjafri Tegaskan Masih Jadi Dirtek PSSI

1. Hugo Samir dan Ji Da Bin disebut pemain keturunan

Kelakar Indra Sjafri Soal 3 Pemain Keturunan di Timnas U-20Pemain Timnas Indonesia U-20 Hugo Samir (kanan) melewati hadangan pesepak bola Tim Nasional Fiji U-20 Pawan Pratap Singh (kiri) dalam pertandingan uji coba internasional U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (17/2/2023). Timnas Indonesia U-20 kalahkan Fiji U-20 dengan skor akhir 4-0. (ANTARA/M Risyal Hidayat/foc.)

Indra menyebut, sekarang sudah ada dua pemain keturunan di skuad Timnas U-20. Mereka adalah Hugo Samir dan Ji Da Bin. Dia pun menjelaskan kenapa kedua pemain ini disebut pemain keturunan.

"Hugo Samir, keturunan Brazil, bapaknya Brazil, ibunya Indonesia, paspornya Indonesia. Yang kedua, ada Ji Da Bin, bapaknya Korea, mamanya Indonesia," ujar Indra di Gelora Bung Karno, Kamis (4/1/2024).

Indra juga menyebut, ada satu pemain keturunan lagi yang akan bergabung bersama Timnas U-20, dalam pemusatan latihan (TC) di Jakarta ini. Namun, dia tidak menyebutkan secara rinci siapa pemain keturunan itu.

"Satu lagi, ada pemain keturunan juga yang akan datang malam ini. Dia sekarang bermain kalau tidak salah di ASIOP atau Persija. Nah, mereka bertiga adalah pemain keturunan (merujuk ke Hugo dan Ji)," ujar Indra.

Baca Juga: Misi Mulia Indra Sjafri, Membentuk Generasi Baru Timnas U-20

2. Sempat menampik ada pemain keturunan

Kelakar Indra Sjafri Soal 3 Pemain Keturunan di Timnas U-20Pelatih Timnas U-20, Indra Sjafri. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Lucunya, sebelum menjelaskan tentang pemain keturunan ini, Indra sempat menampik keberadaan pemain keturunan di Timnas U-20. Ucapannya ini berlawanan dengan pernyataannya di awal bahwa ada tiga pemain keturunan di skuad Garuda Muda.

"Enggak ada (pemain keturunan), belum ada. Siapa yang bilang ada pemain keturunan yang datang? Yang ada sekarang di sini sudah tiga (merujuk ke Hugo, Ji, dan satu pemain yang belum datang)," ujar Indra.

Baca Juga: Shin Tae Yong Sudah Tidak Serius Menangani Timnas Indonesia?

3. Ingin meluruskan soal definisi pemain keturunan

Kelakar Indra Sjafri Soal 3 Pemain Keturunan di Timnas U-20Direktur Teknik PSSI dan Pelatih Timnas U-20, Indra Sjafri saat menjadi pembicara di Juara Bicara, Rabu (19/7/2023). (IDN Times/Tino).

Kelakarnya soal pemain keturunan ini mencerminkan sikap Indra yang ingin meluruskan definisi soal pemain keturunan. Terkadang, orang-orang masih menyangka bahwa pemain keturunan itu diaspora, padahal tidak selamanya seperti itu.

"Pemain keturunan itu ada definisinya. Salah satu orang tuanya bukan orang Indonesia. Persyaratan untuk jadi pemain Timnas U-20, satu kualitas, yang kedua punya paspornya Indonesia, dan sah bermain di asosiasi tersebut. " ujar Indra Sjafri.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya