Kemampuan Tanggung Farshad Noor Jadi Prank Buat Persib

Farshad gagal beradaptasi di Persib

Jakarta, IDN Times - Kerja sama antara Farshad Noor dan Persib Bandung akhirnya tidak terjalin lama. Beberapa saat setelah kekalahan Persib Bandung di final Piala Menpora 2021, manajemen klub memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Farshad.

"Persib secara resmi mengumumkan tidak lagi memperpanjang kerja sama dengan Farshad Noor dan menyampaikan hatur nuhun kepada gelandang berkebangsaan Afghanistan tersebut," tulis Persib dalam pernyataan resminya.

Masih menurut pernyataan resmi di situs Persib, Farshad yang sudah tampil sebanyak 303 menit bersama Maung Bandung di ajang Piala Menpora dianggap belum memberikan performa yang maksimal buat Persib. Dia dinilai belum sesuai dengan skema dan rencana tim untuk Liga 1 2021/22.

Apakah benar selama gelaran Piala Menpora 2021, Farshad tampil di bawah ekspektasi?

Baca Juga: Gagal Juara di Piala Menpora, Persib Liburkan Pemain

1. Robert sebut Farshad Noor harusnya bisa memberi lebih

Kemampuan Tanggung Farshad Noor Jadi Prank Buat PersibFarshad Noor, pemain Persib Bandung. (persib.co.id)

Dalam sebuah jumpa pers yang digelar di Bandung, Senin (26/4/2021), pelatih Robert Rene Alberts mengungkapkan Farshad semestinya bisa memberi lebih untuk Persib. Apalagi, dia datang dengan latar belakang sebagai lulusan akademi PSV.

"Saya rasa orang yang datang dengan latar belakang seperti dia, harus bisa memproduksi lebih dan itu bukan hanya di satu laga. Maksudnya, saya tidak hanya memberikan satu, tetapi ada banyak kesempatan yang diberikan. Persib punya ekspektasi besar untuk pemain asing," ujar Robert.

Menilik ucapan Robert, intinya kualitas Farshad memang belum memenuhi standar dari Persib. Meski sudah diberikan kesempatan, Robert mengungkapkan kapten Timnas Afghanistan tersebut tidak bisa memberikan hasil sesuai yang diharapkan.

2. Farshad memang kesulitan beradaptasi

Kemampuan Tanggung Farshad Noor Jadi Prank Buat PersibFarshad Noor, pemain Persib Bandung. (persib.co.id)

Apa yang dikatakan Robert memang tidak salah. Dalam 303 menit bermain yang diberikan olehnya buat pemain berusia 26 tahun itu, tak bisa dimanfaatkan dengan baik. Farshad agak gelagapan dalam menyesuaikan diri dengan rekan setimnya. Akibat dari hal tersebut, Farshad gagal menjaga lini tengah Persib.

Peran Farshad di lini tengah pun tidak terlalu jelas. Mungkin, Robert ingin memberikan peran box-to-box kepada Farshad. Namun, pada akhirnya, peran Farshad justru kerap bertabrakan dengan Dedi Kusnandar.

Alhasil, dalam beberapa kesempatan, jangan heran jika lini tengah Persib kerap dieksploitasi lawan. Itu terjadi karena tidak ada penyaring serangan di lini tengah, sesuatu yang kerap dilakukan Omid Nazari saat masih membela Persib sejumlah potongan bola pentingnya.

Sedangkan, Farshad kerap telat menutup ruang di lini tengah. Tidak cuma itu, dia juga sering gagal menjaga area yang ditinggalkan rekan setimnya, terutama area sayap. Tak heran, banyak gol-gol Persib yang bermula dari serangan di sektor sayap.

Saat membantu serangan, peran Farshad juga tidak terlalu terasa. Dia kerap gagal mengamankan bola di lini kedua atau jadi opsi Persib untuk menembak dari luar kotak penalti. Alhasil, kemampuan Farshad di Persib ini terasa tanggung. Bertahan tidak bagus, menyerang juga tidak tajam.

3. Tepatkah keputusan Persib membuang Farshad?

Kemampuan Tanggung Farshad Noor Jadi Prank Buat Persibariananews.af

Selepas mengakhiri kerja sama dengan Persib, Farshad mengaku senang atas kesempatan bermain di Persib. Sayang, dia tidak diberikan waktu lebih lama untuk membuktikan diri.

"Saya harap, rekan-rekan setim memiliki karier dan kehidupan menakjubkan. Dalam waktu singkat ini, kalian menjadi hal luar biasa bagi saya. Kepada suporter, terima kasih telah selalu mendukung saya," ungkap Farshad.

Akan tetapi, melihat kemampuan Farshad yang masih serba tanggung ini, keputusan dari Persib ini bisa dibilang tidak salah. Adaptasi yang lambat dan bertele-tele membuat Farshad tidak bisa seperti Omid Nazari, yang langsung nyetel dengan Persib ketika didatangkan dari Ceres-Negros.

Baca Juga: Tak Main Maksimal, Persib Bandung Putus Kontrak Farshad Noor 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya