Kenapa Prancis Keteteran di UEFA Nations League 2022?

Prancis kesulitan di UEFA Nations League 2022

Jakarta, IDN Times - Entah apa yang terjadi pada Prancis di UEFA Nations League 2022 ini. Alih-alih meraih hasil positif, skuad asuhan Didier Deschamps itu justru dua kali menelan pil pahit.

Selepas tumbang di tangan Denmark, Prancis kembali gagal meraih kemenangan pada Selasa (7/6/2022) dini hari. Bersua Kroasia, skuad Les Bleus hanya mampu meraih hasil imbang 1-1. Sempat unggul, Prancis harus rela gagal menang.

Apa yang terjadi pada Prancis dalam dua laga ini? Kenapa mereka urung tampil maksimal dalam ajang UEFA Nations League 2022?

1. Prancis acap tampil tidak efektif

Kenapa Prancis Keteteran di UEFA Nations League 2022?Jerman vs Prancis. (twitter.com/DFB_Team_EN)

Prancis sejatinya tampil dominan dalam dua laga tersebut. Baik itu ketika lawan Denmark dan Kroasia, Prancis mempertontonkan permainan yang bagus. Aliran bola mereka terjaga, dan Prancis kadang membuat lawan mereka tertekan.

Akan tetapi, efektivitas Prancis tidak tampak dalam dua laga tersebut. Jika ditotal, Prancis menorehkan 37 tembakan dalam laga lawan Denmark dan Kroasia. Namun, dari 37 tembakan ini, hanya dua saja yang bersarang menjadi gol.

Tidak efektifnya permainan Prancis inilah yang membuat mereka gagal meraih hasil positif. Tidak cuma itu, ada satu kelemahan lain yang membuat Prancis juga urung mendapatkan hasil bagus.

Baca Juga: UEFA Nations League: Prancis Tumbang, Belanda Menggila

2. Prancis rentan akan serangan balik

Kenapa Prancis Keteteran di UEFA Nations League 2022?Jerman vs Prancis. (twitter.com/DFB_Team_EN)

Dalam laga lawan Denmark lawan Kroasia, Prancis memiliki satu kelemahan yang kerap dieksploitasi. Mereka rentan serangan balik lawan, sehingga mudah kebobolan.

Jadi, ketika memberikan tekanan, Prancis kerap menyisakan beberapa lubang di lini pertahanan. Nah, lubang-lubang inilah yang acap dimanfaatkan lawan untuk menekan balik. Ditambah, organisasi pertahanan Prancis juga belum terlalu baik.

Tak heran, dalam dua laga UEFA Nations League 2022, Prancis sudah kebobolan tiga gol. Ketika mereka susah membobol gawang lawan, mereka justru mudah dibobol oleh lawan.

3. Penyakit Piala Eropa 2020 yang terulang

Kenapa Prancis Keteteran di UEFA Nations League 2022?Prancis vs Swiss. (twitter.com/EURO2020)

Apa yang terjadi di UEFA Nations League 2022 pada Prancis merupakan ulangan dari penyakit di Piala Eropa 2020. Dalam laga 16 besar Piala Eropa 2020, Prancis tumbang di tangan Swiss karena hal serupa.

Setidaknya, ini jadi pelajaran tersendiri bagi Prancis. Apa yang mereka alami di UEFA Nations League 2022, setidaknya harus jadi bahan evaluasi tersendiri bagi mereka pada Piala Dunia 2022 kelak.

Baca Juga: Kylian Mbappe Jadi Bulan-Bulanan Usai Hina Amerika Selatan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya