Kerumunan Bundaran HI, 65 Oknum Jakmania Diamankan Polda Metro Jaya

Polda Jabar juga amankan delapan orang

Jakarta, IDN Times - Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto, mengungkapkan Polda Metro Jaya sudah mengamankan 65 orang oknum Jakmania, buntut dari kerumunan di Bundaran HI pasca Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021. Sekarang, mereka semua sudah dipulangkan.

"Dari kejadian HI, Polda Metro Jaya sudah memeriksa 65 orang, ada satu perempuan diamankan, 12 anak-anak, sisanya orang dewasa. Sudah dilakukan pemeriksaan kepada mereka. Pada 26 April 2021 pagi, mereka sudah dipulangkan dengan membuat pernyataan," ujar Imam di kantor Kemenpora, Selasa (27/4/2021).

1. Polda Jabar amankan delapan orang

Kerumunan Bundaran HI, 65 Oknum Jakmania Diamankan Polda Metro JayaInstagram/@bobotohsaindonesia

Terkait insiden penyerangan ke Graha Persib, Imam mengungkapkan Polda Jabar juga sudah mengamankan delapan orang. Polda Jabar juga sudah melakukan pendalaman terkait insiden di Bandung tersebut.

"Terkait kejadian di Bandung, ada ungkapan kekecewaan dari bobotoh. Sudah diamankan pula sebanyak delapan orang dan dilakukan pemeriksaan berlanjut oleh Polda Jabar," ujar Imam.

Baca Juga: Aksi Bandel Jakmania dan Perusakan Graha Persib Pengaruhi Nasib Liga 1

2. Ada undangan tersebar di media sosial

Kerumunan Bundaran HI, 65 Oknum Jakmania Diamankan Polda Metro JayaInstagram/@infokomjakmania

Imam mengungkapkan, pada dasarnya penyelenggaraan Piala Menpora sudah berjalan sukses. Penegakkan dan protokol kesehatan berjalan sesuai dengan apa yang dijanjikan operator turnamen, dan itu jadi poin untuk turnamen berikutnya.

Akan tetapi, dia menyayangkan adanya tindakan dari beberapa oknum mencederai upaya operator yang sudah menjalankan Piala Menpora 2021 sebaik mungkin. Salah satunya, soal provokasi yang disinyalir dilepaskan oleh oknum Jakmania.

"Kami menyayangkan kegiatan yang sudah direncanakan dengan baik ini, dicederai provokasi sejumlah oknum. Kami lihat 26 April (dini hari) di Bundaran HI ada sekitar 2.000-an suporter Jakmania. Menurut pendalaman yang dilakukan Polda Metro Jaya, undangannya disebar di media sosial," ujar Imam.

3. Asops sayangkan insiden kerumunan ini

Kerumunan Bundaran HI, 65 Oknum Jakmania Diamankan Polda Metro JayaIDN Times/ Helmi Shemi

Lebih lanjut, Imam menyayangkan kerumunan yang terjadi ini, baik itu di Bandung maupun Jakarta. Apalagi, sejatinya gelaran Piala Menpora 2021 berlangsung dengan baik. Penegakkan protokol kesehatan dan pengamanan turnamen pun berjalan lancar.

"Kami menyayangkan ajang yang sudah berjalan baik ini dirusak oknum-oknum tertentu. Demikian juga yang di Bandung. Kami menyayangkan bobotoh yang menyampaikan kekecewaaannya, dengan perusakan lalu melakukan sweeping kendaraan dari Jakarta," ujar Imam.

Baca Juga: Graha Persib Dirusak Oknum Suporter Pasca Kalah dari Persija

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya