Ketum PSSI Indikasikan Kebut Naturalisasi Thom dan Ragnar

Proses naturalisasi Thom dan Ragnar masih jauh

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan indikasi akan mengebut proses naturalisasi dua pemain keturunan, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Indikasi itu hadir pada Rabu (28/2/2024).

Ditemui awak media di Jakarta, Erick menyebut bahwa hadirnya Thom dan Ragnar bisa membuat Indonesia tampil apik di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Maret mendatang. Apalagi skuad Garuda juga wajib menang.

"Kalau kita bisa diperkuat mereka (Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye) tentu bagus, karena laga melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 back-to-back wajib menang," kata Erick.

Baca Juga: Bocoran Naturalisasi Grade A Buat Timnas, Jairo Riedewald?

1. Erick sempat targetkan naturalisasi rampung pada Maret

Ketum PSSI Indikasikan Kebut Naturalisasi Thom dan RagnarKetua Umum PSSI, Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (26/1/2024). (IDN Times/Tino)

Sebelumnya, Erick sempat menargetkan proses naturalisasi keduanya rampung pada Maret 2024. Hal itu semata agar Thom dan Ragnar bisa membela Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Yang pasti kami bersama dengan Pak Yunus Nusi dan Pak Arya Sinulingga akan mengurus naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Supaya proses keduanya bisa tuntas pada pertengahan Maret 2024," ujar Erick pada 20 Februari 2024.

2. Erick bicara kans Indonesia di kualifikasi

Ketum PSSI Indikasikan Kebut Naturalisasi Thom dan RagnarTimnas Indonesia lawan Australia di Piala Asia. (Dok. PSSI)

Mengenai kans Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick menyebut, Asnawi Mangkualam dan kolega harus menang dua kali lawan Vietnam, 21 dan 26 Maret. Jika menang, peluang Indonesia maju ke babak ketiga akan terjaga.

"Kalau dapat poin penuh dua kali kita akan dapat 6 poin, akan save ke babak berikutnya. Walau ada pertandingan sisa lagi di Juli melawan Filipina dan Irak di kandang," ujar Erick.

3. Akankah proses naturalisasinya terkejar?

Ketum PSSI Indikasikan Kebut Naturalisasi Thom dan RagnarRagnar Oratmangoen masuk dalam daftar calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia. (Tangkapan layar instagram @0ratmangoen) Baca artikel CNN Indonesia "Ragnar Oratmangoen Beber Proses Naturalisasi Bela Timnas Indonesia" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20231211084645-142-1035478/ragnar-oratmangoen-beber-proses-naturalisasi-bela-timnas-indonesia. Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

Meski ada indikasi akan dikebut, sampai kini belum ada tanda-tanda naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen selesai dalam waktu dekat. Apalagi, DPR tengah memasuki jadwal reses saat ini.

Di sisi lain, Timnas Indonesia kudu mendaftarkan skuadnya untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Vietnam paling lambat 15 Maret. Dengan waktu yang mepet ini, akankah naturalisasi Thom dan Ragnar rampung sesuai keinginan Ketum PSSI?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya