Kisah Nova Arianto Jadi Pelatih Timnas U-16: Dipercaya STY

Berawal dari sebuah pembicaraan di Qatar

Jakarta, IDN Times - Nova Arianto pada awalnya tidak menyangka akan menjadi pelatih Timnas Indonesia, di kelompok usia manapun. Namun, ternyata dia dipanggil untuk melatih Timnas U-16. Semua berawal dari kepercayaan Shin Tae Yong (STY).

Jadi, ketika mendampingi STY di Qatar dalam Piala Asia 2023, Nova berkisah sempat ada perbincangan antara Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama para pengurus Timnas Indonesia, yang diwakili Endri Erawan dan Sumardji. Dari situlah semua bermula.

"Jadi waktu di Qatar ada Pak Ketum, Pak Endri, dan Pak Mardji, kita komunikasi. Situasinya pelatih Timnas U-16 tidak ada pelatih, akhirnya saya ditanya kesiapan. Setelah ketum komunikasi dengan STY, beliau menyampaikan ke saya untuk melatih Timnas U-16," ujar Nova di Gelora Bung Karno, Senin (19/2/2024).

Baca Juga: Timnas U-23 Terancam Tanpa Pemain Terbaik di Piala Asia U-23

1. Nova belum tahu akan melatih U-16 sampai kapan

Kisah Nova Arianto Jadi Pelatih Timnas U-16: Dipercaya STYNova Arianto melatih Timnas U-16. (Dok. PSSI)

Nova mengungkapkan, dia belum tahu sampai kapan dipercaya melatih Timnas U-16. Akan tetapi, dia sudah mematok target, yakni tampil apik di Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

"Untuk sampai kapannya saya belum tahu karena masih bicara masalah kontrak, tapi fokus saya di Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17. Intinya, saya berterima kasih sudah diberi kepercayaan," ujar Nova.

2. Indra Sjafri beberkan alasan pilih Nova

Kisah Nova Arianto Jadi Pelatih Timnas U-16: Dipercaya STYPelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Selain STY, Indra Sjafri juga jadi sosok yang berjasa di balik terpilihnya Nova sebagai pelatih Timnas U-16. Dia memiliki alasan tersendiri kenapa memilih putra dari Sartono Anwar itu sebagai pelatih skuad Garuda Muda.

"Untuk U-16, saya mendelegasikan Nova Arianto sebagai pelatih kepala tim. Berbeda dengan Shin Tae Yong yang menangani dua tim sekaligus sebagai pelatih kepala (aenior dan U-23). Di sini, saya ingin adanya regenerasi kepelatihan," ujar Indra.

3. Timnas U-16 sudah ditunggu dua ajang

Kisah Nova Arianto Jadi Pelatih Timnas U-16: Dipercaya STYSeleksi Timnas U-16 bersama Nova Arianto. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Seiring dengan tugasnya sebagai pelatih Timnas U-16, Nova pun turut menyeleksi para pemain yang nantinya akan masuk ke dalam skuad Timnas U-16, dengan pendampingan Indra Sjafri. Saat ini, seleksi tengah masuk gelombang pertama, sampai 21 Februari.

Timnas U-16 pun sudah dinanti beberapa ajang besar di 2024 ini. Selain Piala AFF U-16 yang berpotensi dihelat di Indonesia, skuad Garuda Muda sudah ditunggu juga oleh ajang Kualifikasi Piala Asia U-17. Tugas Nova Arianto tidaklah mudah.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya