Kolaborasi PSSI dan Garuda Select dalam Seleksi Timnas U-17

Garuda Select dan PSSI bekerja sama

Jakarta, IDN Times - PSSI menempuh cara baru mencari pemain Timnas U-17 yang akan mentas di Piala Dunia U-17 2023. Mereka akan bekerja sama dengan program Garuda Select yang sudah ada sejak 2018.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir berkata, federasi sudah mencapai kesepakatan dengan Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise. Nantinya akan ada kerja sama antara kedua pihak dalam rangka persiapan Timnas U-17 Indonesia.

"Saya sudah sepakat dengan Dennise Wise selaku Direktur Teknik Garuda Select untuk sinkronisasi program antara Garuda Select dengan persiapan tim U-17 Indonesia," ujar Erick, dilansir situs resmi PSSI.

1. Ada usulan persiapan sejak U-14

Kolaborasi PSSI dan Garuda Select dalam Seleksi Timnas U-17Seleksi Timnas U-17 didukung Garuda Select. (Dok. PSSI)

Erick juga mengaku, ada usulan dari Wise agar persiapan sudah dimulai sejak U-14. Usulan ini akan jadi pertimbangan federasi, sehingga kelak pembinaan pemain muda akan berjalan secara berkesinambungan.

"Jadi nanti usulan dari Dennis Wise mengenai tim U-14, akan kita diskusikan di PSSI sehingga ini jadi keputusan yang bisa jadi berkesinambungan antara U-14, U-17, U-20 dan lain-lainnya," kata Erick.

Baca Juga: PSSI Seleksi 132 Pemain untuk Timnas U-17 Indonesia

2. Dukungan penuh dari PSSI untuk kerja sama ini

Kolaborasi PSSI dan Garuda Select dalam Seleksi Timnas U-17Seleksi Timnas U-17 dan Garuda Select. (Dok. PSSI)

Erick mengaku, PSSI mendukung penuh sinkronisasi Garuda Select dan persiapan Timnas U-17. Apalagi, nanti juga skuad Garuda Nusantara akan melakoni pemusatan latihan (TC) di Eropa.

"PSSI mendukung penuh Garuda Select dan saat ini sinkronisasi dengan persiapan tim U-17 Indonesia. Apalagi mulai 10 Juli pemusatan latihan tim U-17 dimulai dan nanti juga ada persiapan di Eropa sebelum tampil di Piala Dunia U-17," ujar Erick.

Senada dengan Erick, pelatih Timnas U-17 Bima Sakti mengapresiasi seleksi Garuda Select ini. Dia juga mencari pemain-pemain yang siap untuk mengikuti Piala Dunia U-17 dan akan selektif memilih pemain.

"Kami mencari pemain-pemain yang sesuai dengan kebutuhan di tim. Karena kita juga sudah memiliki kerangka tim adalah pemenang U-16 AFF 2022. Kualitas dan skill individu mereka jadi pertimbangan," ujar Bima.

3. Seleksi diikuti 132 pemain

Kolaborasi PSSI dan Garuda Select dalam Seleksi Timnas U-17Seleksi Timnas U-17 dan Garuda Select. (Dok. PSSI)

Seperti diketahui, seleksi Garuda Select dipimpin langsung oleh Dennis Wise. Seleksi diikuti oleh 132 pemain dari berbagai daerah yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 Juli 2023.

Program seleksi ini juga sebagai ajang pelatih Bima Sakti untuk melihat pemain-pemain yang bisa diambil untuk seleksi Timnas U-17 yang diproyeksikan akan tampil di Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia pada November nanti.

Baca Juga: Dirtek Baru PSSI Jadi Pendamping Bima Sakti di Timnas U-17

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya