Koneksi Persebaya-Persib Bikin Timnas Indonesia Bersinar

Timnas Indonesia tampil ciamik saat atasi Kuwait

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia meraih hasil ciamik dalam laga perdana Kualifikasi Piala Asia 2023. Bersua Kuwait di Jaber Al Ahmad International Stadium, Rabu (8/6/2022) malam, skuad Garuda menang dengan skor tipis 2-1.

Dalam laga ini, organisasi permainan Indonesia layak diacungi jempol. Meski digempur beberapa kali oleh Kuwait, mereka mampu menetralisir semua tekanan tersebut dan hanya membiarkan Kuwait mencetak satu gol.

Namun, ada beberapa pemain yang tampil menonjol di laga ini. Apiknya, pemain-pemain tersebut merupakan koneksi dari dua klub besar Indonesia, yakni Persib dan Persebaya. Siapa saja mereka?

Baca Juga: [BREAKING] Luar Biasa! Timnas Indonesia Bekuk Kuwait 2-1

1. Poros Klok, Kambuaya, dan Rachmat Irianto yang menjanjikan

Koneksi Persebaya-Persib Bikin Timnas Indonesia BersinarTimnas Indonesia bersua Kuwait. (Dok. PSSI)

Ada tiga pemain Persib, dua di antaranya eks pemain Persebaya, yang menjadi starter di laga ini. Mereka adalah Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto. Klok dan Kambuaya mengisi lini tengah, sedangkan Rian, sapaan akrab Irianto, ditempatkan jadi bek kanan.

Poros Klok dan Kambuaya di lini tengah memberikan keseimbangan permainan. Kehadiran Kambuaya sebagai pemain dengan peran box-to-box, memudahkan Klok untuk mengatur distribusi bola di lapangan tengah. Alhasil, permainan Indonesia berjalan mulus.

Sedangkan Rian, ketika mengisi posisi bek kanan, dia mampu membantu penyerangan dan pertahanan dengan baik. Bahkan, dua gol Indonesia di laga ini merupakan andil dari dirinya. Dia mencetak satu gol, dan satu gol lain berasal dari pelanggaran yang dialamatkan kepadanya.

Ketika dipindah jadi gelandang, seiring masuknya Asnawi Mangkualam, Rian tak tergoyahkan. Dia bahkan membantu Klok dan Kambuaya dalam mengintersep serangan-serangan Kuwait, yang semakin gencar jelang laga tuntas.

Baca Juga: Setelah 42 Tahun, Timnas Indonesia Akhirnya Kalahkan Kuwait

2. Rizky Ridho juga tampil cemerlang

Koneksi Persebaya-Persib Bikin Timnas Indonesia BersinarInstagram.com/rizkyridhoramadhani

Selain tiga pemain tersebut, Rizky Ridho juga jadi pemain yang layak mendapatkan acungan jempol di laga ini. Penggawa Persebaya itu beberapa kali melakukan intersep penting, yang mengamankan area kotak penalti Timnas Indonesia.

Bersama Fachruddin Aryanto dan Elkan Baggot, Rizky bahu membahu menetralisir serangan Kuwait, yang didominasi serangan sayap, umpan silang, dan sepakan dari luar kotak penalti. Dia sampai jatuh bangun menghalau setiap bola yang datang ke kotak penalti Indonesia.

Apiknya lagi, Rizky juga jadi distributor bola yang gemilang di lini pertahanan. Statistik dari LapangBola mencatat, Rizky jadi pemain dengan catatan umpan sukses kedua terbanyak di laga ini, yakni sebanyak 53 kali. Aliran bola dari Rizky ini juga yang membantu Klok.

3. Akan tetap jadi andalan Indonesia

Koneksi Persebaya-Persib Bikin Timnas Indonesia BersinarTimnas Indonesia bersua Kuwait. (Dok. PSSI)

Performa prima dari poros koneksi Persib dan Persebaya ini jelas jadi sesuatu yang menggembirakan bagi Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia. Setidaknya, mereka jadi memiliki sosok andalan di posisi lini belakang dan tengah.

Tenaga dari keempat pemain itu pun agaknya akan diandalkan lagi oleh Timnas Indonesia di sisa laga Kualifikasi Piala Asia 2023. Apalagi, tim Merah Putih masih harus bersua dua lawan berat lain, yakni Yordania dan Nepal.

Baca Juga: Shin Tae Yong Bilang Bola Itu Bundar, Bisa Antar Timnas ke Piala Asia?

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya