Kronologi Exco PSSI Diduga Hina Etnis Aceh saat Sada FC vs Persiraja

Exco PSSI dan Presiden Persiraja bersitegang

Jakarta, IDN Times - Keributan terjadi dalam laga Sada Sumut FC melawan Persiraja Banda Aceh di Stadion Baharoeddin Siregar, Sabtu (25/11/2023). Disinyalir, ada penghinaan terhadap etnis Aceh yang dilakukan salah satu Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Hal itu diutarakan oleh Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam. Dia berkata, Exco PSSI yang melakukan penghinaan itu adalah Arya Sinulingga, yang juga merupakan pendiri Sada Sumut. Seperti apa kronologisnya?

1. Diawali dengan Arya yang marah-marah

Kronologi Exco PSSI Diduga Hina Etnis Aceh saat Sada FC vs PersirajaArya Sinulingga mempertanyakan kehadiran Presiden Persiraja Nazaruddin Dek Gam hadir di Stadion Baharoeddin Siregar Lubukpakam (Dok.istimewa)

Semua berawal dari insiden Arya yang diduga memarahi Dek Gam saat Sada Sumut bersua Persiraja. Arya mempertanyakan kenapa Dek Gam berada di stadion, padahal dia tengah dihukum oleh PSSI. Dia bahkan sempat mengusir Dek Gam.

Merespons hal ini, Dek Gam pun tidak tinggal diam. Dia berkata akan melaporkan hal ini ke Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Pasalnya, dia merasa hukuman Komdis kepada dirinya sudah selesai.

"Kita sudah melakukan protes ke Komdis PSSI," ujar Dek Gam kepada para jurnalis, Senin (27/11/2023).

Baca Juga: Presiden Persiraja Laporkan Exco PSSI Arya Sinulingga ke Polisi

2. Ada dugaan penghinaan etnis Aceh

Kronologi Exco PSSI Diduga Hina Etnis Aceh saat Sada FC vs PersirajaPresiden Persiraja Nazaruddin Dek Gam duduk di samping Komisaris PSMS Edy Rahmayadi saat laga kontra Sada Sumut di Stadion Baharoeddin Siregar Lubukpakam, Sabtu (25/11/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Tidak cuma protes ke Komdis, Dek Gam juga mengaku dia akan melaporkan Arya ke polisi. Pasalnya, anggota Komisi III DPR RI itu menilai Arya sudah melakukan penghinaan terhadap etnis Aceh.

Berdasarkan informasi yang didapat IDN Times, Dek Gam sudah melaporkan Arya ke polisi per Senin (27/11/2023). Laporan itu sudah masuk ke Bareskrim Polri dengan nomor STTL/461/XI/2023/BARESKRIM.

"Telah melaporkan tentang peristiwa tindak pidana Pencemaran Nama Baik dan Ujaran Fitnah/Penistaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 310 KUHP dan pasal 311 KUHP, yang terjadi pada Sabtu tanggal 25 November 2023 di Stadion Baharoeddin, Deli Serdang. Pelapor atas nama Nazaruddin Dek Gam, dan terlapor Arya Sinulingga," tulis laporan tersebut.

Laporan itu juga dikonfirmasi oleh Dek Gam. Bahkan, dia mengungkapkan apa yang dikatakan Arya padanya, menyoal penghinaan terhadap etnis Aceh.

"Betul, sudah ada laporannya. Dia (Arya) itu mengusir saya di stadion, menuduh saya bayar wasit. Terus, dia ngatain orang Aceh itu a***ng, itu yang saya laporkan," kata Dek Gam.

3. Bagaimana Arya merespons hal ini?

Kronologi Exco PSSI Diduga Hina Etnis Aceh saat Sada FC vs PersirajaArya Sinulingga mempertanyakan kehadiran Presiden Persiraja Nazaruddin Dek Gam hadir di Stadion Baharoeddin Siregar Lubukpakam (Dok.istimewa)

Arya merespons balik apa yang dilakukan Dek Gam. Dia mengaku memiliki jejak digital yang membuktikan bahwa Presiden Persiraja itu acap menyaksikan timnya secara langsung di beberapa laga, padahal masih kena sanksi Komdis PSSI.

"Sejak keputusan itu diambil pada 5 Oktober 2023, seharusnya Dek Gam tak datang menonton pertandingan antara PSDS kontra Persiraja (14/10/2023), kemudian Persiraja vs Semen Padang (21/10/2023), PSPS vs Persiraja (6/11/2023), Sriwijaya FC vs Persiraja (13/11/2023), dan Persiraja vs PSMS Medan (18/11/2023).:

"Namun, Dek Gam terlihat tetap menyaksikan pertandingan saat Persiraja menjamu Semen Padang, kemudian saat Persiraja bertandang ke markas Sriwijaya dan juga saat menjamu PSMS Medan yang berujung kericuhan dengan serangan kepada para pemain PSMS."

"Jejak digital dapat dilihat dalam unggahan di akun Instagram resmi Persiraja yang menunjukkan Nazaruddin duduk bersama penonton di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya saat menjamu Semen Padang. Kemudian ia juga berada di tribun Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan bahkan saat menjamu PSMS Medan di Stadion Harapan Bangsa." begitu cuit Arya,

Mengenai dirinya yang disebut menghina etnis, Arya berujar bahwa itu hanya upaya Dek Gam untuk memelintir isu. Sejatinya, dia yang tak patuh terhadap sanksi Komdis PSSI dan bahkan mengintimidasi terhadap lawan-lawan Persiraja.

"Saya cukup memarahi orang yang tidak layak masuk stadion karena melakukan intimidasi kepada klub lawannya bahkan sampai masuk ke ruang wasit dan mengintimidasi wasit, apalagi sampai memelintir isu ke isu rasis dan penghinaan," ujar Arya.

Laga Sada Sumut FC lawan Persiraja itu berakhir dengan skor 2-2. Namun, jika memang Arya selaku Exco PSSI terbukti menghina etnis Aceh, akan ada hukuman berat juga yang sudah menantinya karena ada pelanggaran pidana di situ.

Baca Juga: Presiden Persiraja Diteriaki Arya Sinulingga dan Disoraki Penonton

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya