Lawan Libya, Timnas Indonesia Pakai Formasi Buat Piala Asia

Timnas Indonesia sudah siapkan antisipasi lawan Irak

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia kembali meraih hasil negatif dalam laga uji coba di Turki jelang Piala Asia 2023. Bersua Libya, Jumat (5/1/2024), mereka kalah dengan skor tipis 1-2.

Sempat unggul lewat gol Yakob Sayuri, Indonesia harus berbalik kalah lewat dua gol Libya yang dicetak Osama Al Shremi dan Ahmed Ekrawa. Ini jadi kekalahan kedua Indonesia dalam laga uji coba lawan Libya di Turki.

Meski kalah, setidaknya pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, sudah melakukan apa yang ingin dia lakukan di laga kedua lawan Libya ini. Rupanya, di laga ini, dia mencoba formasi yang akan dia terapkan di Piala Asia 2023.

1. Shin siapkan formasi lawan Libya ini untuk lawan Irak

Lawan Libya, Timnas Indonesia Pakai Formasi Buat Piala AsiaPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong jelang berangkat TC ke Turki, Selasa (19/12/2023). (IDN Times/Tino)..

Ditemui selepas laga, Shin mengaku bahwa di laga lawan Libya ini dia menggunakan formasi khusus. Nantinya, formasi ini akan dia terapkan untuk lawan Irak di Piala Asia. Dia senang pemain bisa menyesuaikan diri dengan formasi ini.

"Memang formasi di laga ini (lawan Libya) adalah antisipasi untuk lawan Irak. Saya pakai formasinya, dan saya senang para pemain sudah bekerja keras main dalam formasi ini. Di luar skor, saya puas dengan performa pemain," ujar Shin.

Baca Juga: Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Bisa Berubah

2. Shin minta fans bersabar

Lawan Libya, Timnas Indonesia Pakai Formasi Buat Piala AsiaTimnas Indonesia lawan Libya di Turki. (Dok. PSSI)

Kekalahan lawan Libya pada Jumat (5/1/2024) menyajikan catatan buruk bagi Indonesia. Setiap kali berlaga di luar kandang, mereka sulit meraih kemenangan. Mengenai hal itu, dia pun meminta fans bersabar.

"Untuk ke depannya kami pasti akan berkembang dan lebih baik, mohon fans jangan buru-buru kami ingin berkembang, lebih sabar soal perkembangan pemain dan sepak bola Indonesia," kata Shin.

3. Bertolak ke Qatar untuk persiapan Piala Asia 2023

Lawan Libya, Timnas Indonesia Pakai Formasi Buat Piala AsiaTimnas Indonesia lawan Libya di Turki. (Dok. PSSI)

Selepas melakoni dua laga uji coba lawan Turki, Timnas Indonesia segera bergerak ke Qatar. Di sana mereka akan lanjut berlatih, dan melakoni sisa satu laga uji coba lawan Iran pada 9 Januari 2024.

Selepas lawan Iran, Timnas Indonesia akan menentukan skuad final mereka untuk Piala Asia 2023. Di ajang tersebut, mereka sudah ditunggu Jepang, Vietnam, dan Irak di Grup D.

Baca Juga: Pertahanan Rapuh, Timnas Indonesia Keok Lagi dari Libya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya