Lucu, Hong Kong Sudah Lolos Tapi Belum Main di Asian Games

Hong Kong dipastikan langsung lolos ke fase gugur

Jakarta, IDN Times - Kejadian lucu menimpa Hong Kong U-24. Mereka sudah dipastikan lolos ke fase gugur cabang olahraga sepak bola Asian Games 2022, Hangzhou, meski belum memainkan satu laga pun.

Itu bisa terjadi karena Suriah dan Afghanistan yang menjadi saingan Hong Kong serta Uzbekistan di Grup C, mengundurkan diri 48 jam jelang kick-off cabor sepak bola dimainkan. Otomatis, dua tiket ke fase gugur dari Grup C, langsung jatuh ke tangan Hong Kong dan Uzbekistan.

Menariknya, rezeki yang didapat malah bikin Hong Kong bingung. Mereka ternyata dibuat pusing oleh perubahan mendadak ini.

1. Mengubah rencana pelatih secara keseluruhan

Lucu, Hong Kong Sudah Lolos Tapi Belum Main di Asian GamesTimnas sepakbola Hong Kong (ANTARA FOTO/INASGOC/Ary Kristianto)

Pelatih Hong Kong, Jorn Andersen, mengakui mundurnya Suriah dan Afghanistan mengubah rencana secara keseluruhan. Bahkan, dia mengaku frustrasi akan perubahan situasi di Grup C.

"Sekarang, kami membutuhkan waktu lagi untuk menentukan apa yang ingin dilakukan. Dari yang bermain tiga kali, kami akan bermain dua kali saja," ujar Andersen, dilansir South China Morning Post.

Baca Juga: Timnas U-24 Pincang di Asian Games, Cuma Punya Satu Striker

2. Main dua kali lawan Uzbekistan

Lucu, Hong Kong Sudah Lolos Tapi Belum Main di Asian GamesTimnas U-20 lawan Uzbekistan. (Dok. PSSI)

Tersisa dua laga, itu yang diucapkan Andersen. Lah, lawannya kan cuma Uzbekistan, kenapa bisa demikian?

Pihak penyelenggara menyatakan Hong Kong dan Uzbekistan harus main dua kali agar adil. Kebijakan ini diambil demi menentukan siapa yang jadi juara dan runner up grup.

"Kami akan main dua kali lawan Uzbekistan, dan menentukan siapa yang akan jadi juara grup dan runner-up. Namun, bisa dibilang kami sudah melaju ke fase gugur," kata Andersen.

3. Hong Kong sudah pikirkan fase gugur

Lucu, Hong Kong Sudah Lolos Tapi Belum Main di Asian Gameshkfa.com

Sudah dipastikan lolos ke fase gugur, Andersen mengaku Hong Kong sudah mulai memikirkan lawan yang akan dihadapi nanti. Jika jadi juara grup, mereka akan melawan peringkat tiga terbaik dari Grup E atau F.

Di situ, sudah ada Thailand, Kuwait, atau Taiwan ygn kemungkinan bakal dihadapi oleh Hong Kong. Lalu, jika lolos sebagai runner-up, sudah ada runner-up Grup D yang menanti, entah itu Jepang, Qatar, atau Palestina.

"Kami tidak harus tegang lawan Uzbekistan nanti. Malah, kemungkinan besar Hong Kong akan melawan runner-up Grup D di fase gugur Asian Games 2022 nanti. Laga yang sulit, tetapi kami akan menyiapkan diri," kata Andersen.

Baca Juga: PSG Lepas Lee Kang In ke Korea Selatan Demi Asian Games 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya