Makin Panas, Asnawi Pede Timnas Lebih Kuat Ketimbang Vietnam

Level Indonesia sudah lebih tinggi dari Vietnam

Jakarta, IDN Times - Atmosfer jelang laga Indonesia versus Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis 21/3/2024), kian panas. Setelah Vietnam melontarkan ejekan, kini Indonesia membalasnya dengan komentar menohok.

Penggawa Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, menegaskan level Pasukan Garuda sudah lebih tinggi dari Vietnam. Dia berani bilang begitu, lantaran Timnas bisa mendulang kemenangan di Piala Asia 2023 lalu.

"Tentunya, untuk level itu mungkin kami sudah berada di atas dan pada Piala Asia juga bisa menang atas mereka. Apalagi, sekarang kami banyak pemain tambahan baru," kata Asnawi di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

1. Indonesia kehadiran banyak pemain berkualitas

Makin Panas, Asnawi Pede Timnas Lebih Kuat Ketimbang VietnamAsnawi Mangkualam berpose bersama Chairman Port FC Chalermchoke Lamsam selepas laga pekan ke-17 Thai League 1 2023/24 melawan Muangthong United yang berlangsung di PAT Stadium Bangkok, 14 Februari 2024. (Instagram.com/portfc_official)

Asnawi juga menyebut, kekuatan Indonesia sekarang sudah meningkat, lantaran kedatangan banyak pemain berkualitas. Ada Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen, yang baru saja resmi disumpah menjadi WNI.

"Tim kami sekarang sangat baik dan punya kekuatan jauh lebih kuat dari sebelumnya. Pemain-pemain sekarang juga banyak yang berkualitas. Tentunya, ini bisa menambah kekuatan kita di pertandingan ke depannya," kata Asnawi.

Baca Juga: Timnas Indonesia Jamu Vietnam, Marselino: Ini Soal Harga Diri!

2. Vietnam tidak banyak perubahan

Makin Panas, Asnawi Pede Timnas Lebih Kuat Ketimbang VietnamPotret Jordi Amat saat Timnas Indonesia melawan Vietnam, Jumat (19/1/2024). (Dok. PSSI).

Bicara mengenai kekuatan Vietnam, Asnawi melihat skuad asuhan Philippe Troussier itu tidak banyak mengalami perubahan. Meski banyak pemain cedera yang kembali, para penggawa Indonesia sudah kenal karakter mereka.

"Kalau untuk Vietnam, ya kami tahu enggak banyak perubahan dari timnya. Kami tahu juga sudah beberapa kali ketemu Vietnam dan banyak dapat tambahan pemain. Tentunya, itu menambah kekuatan kami," kata Asnawi.

3. Indonesia dua kali lawan Vietnam

Makin Panas, Asnawi Pede Timnas Lebih Kuat Ketimbang VietnamPotret Hokky Caraka saat Timnas Indonesia melawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI).

Indonesia akan bersua Vietnam sebanyak dua kali dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, yakni pada 21 Maret dan 26 Maret. Laga pertama dihelat di Jakarta, sedangkan laga kedua dihelat di Hanoi. Keduanya menjadi laga hidup mati bagi Indonesia.

Sialnya, Asnawi harus absen di laga pertama Timnas kontra Vietnam, Kamis (21/3/2024), karena hukuman akumulasi kartu. Posisinya mungkin akan digantikan oleh Yakob Sayuri atau Sandy Walsh.

Baca Juga: Nathan Tjoe-A-On Ancam Posisi Shayne dan Pratama Arhan di Timnas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya