Malut United, Kembalinya Representasi Maluku di Liga 1

Malut United jadi perwakilan Maluku di Liga 1

Jakarta, IDN Times - Maluku merupakan salah satu gudang talenta sepak bola Indonesia. Namun, sudah belasan tahun lamanya tak ada tim dari sana mentas di kompetisi sepak bola nasional, termasuk di Liga 1.

Kini, Malut United berusaha menjawab itu. Mengambil alih posisi Putra Delta Sidoarjo, mereka hadir dan menjadi representasi Maluku di kompetisi sepak bola nasional.

Mereka pun melakoni perjalanan untuk membawa bendera Maluku ke Liga 1 musim depan.

1. Dominan sejak awal musim

Malut United, Kembalinya Representasi Maluku di Liga 1Pemain Malut United, Rifal Lastori. (Dok. Malut United)

Sejak babak awal, Malut United sudah menunjukkan kekuatan mereka. Bersaing dengan tim-tim macam Persikab, PSKC, PSIM, dan FC Bekasi City di babak penyisihan Grup 2, mereka sukses menjadi runner-up dan lolos ke babak 12 besar.

Berlanjut di babak 12 besar, Malut United kembali dominan dengan mengungguli Deltras FC, Persela, dan FC Bekasi City di Grup Y. Mereka jadi pemuncak grup dan berhak lolos ke babak semifinal.

Kendati tumbang lawan Semen Padang di semifinal, Malut United pada akhirnya berhasil mengunci tiket ke Liga 1 lewat kemenangan di laga play-off lawan Persiraja Banda Aceh. Performa luar biasa sejak awal musim berujung indah bagi Malut United.

Baca Juga: Investasi 50 M Malut United yang Berbuah Promosi Liga 1

2. Menjawab keraguan dari banyak pihak

Malut United, Kembalinya Representasi Maluku di Liga 1Malut United lolos ke Liga 1. (Dok. Malut United)

Pelatih Malut United, Imran Nahumarury, berujar bahwa keberhasilan timnya melaju ke Liga 1 ini sekaligus menjawab keraguan dari banyak pihak. Sebelumnya, banyak yang tak yakin skuad berjuluk 'Laskar Kie Raha' itu akan promosi.

"Jangankan untuk promosi ke Liga 1, lolos ke babak 12 besar Liga 2 saja kami tidak dianggap. Inilah (lolos ke Liga 1) hasil kerja keras seluruh bagian dari tim," ujar Imran dalam sesi jumpa pers selepas lawan Persiraja.

3. Menancapkan kembali nama Maluku di sepak bola Indonesia

Malut United, Kembalinya Representasi Maluku di Liga 1Malut United lolos ke Liga 1. (Dok. Malut United)

Imran mengungkapkan, keberhasilan Malut United promosi ke Liga 1 ini merupakan pemenuhan janjinya terhadap masyarakat Maluku. Sudah lama sejak era Persiter Ternate, tim asal Maluku berkompetisi di level tertinggi sepak bola nasional.

"Sejak awal ketika manajemen meminta saya menjadi pelatih, saya berjanji akan membangun tim untuk kebangkitan sepak bola Maluku Utara dan juga Maluku. Kemenangan ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat Maluku dan Maluku Utara, serta pendukung Malut United di manapun berada," ujar Imran.

Baca Juga: Imran Nahumarury: Ambisi ke Liga 1 dan Kebangkitan Sepak Bola Maluku

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya