Masih Kena Hukuman, Bisakah Titan Agung Main di AFF U-23?

Tergantung status laga AFF U-23

Jakarta, IDN Times - Sebuah keputusan unik diambil PSSI dalam pemanggilan pemain untuk gelaran Piala AFF U-23 2023. Mereka mencoret Fajar Fathur Rahman, digantikan oleh Titan Agung Bagus. Hal ini sudah federasi wartakan via situs resmi.

"Pelatih Shin Tae-yong memanggil Titan Agung Bagus (Bhayangkara Presisi FC) untuk menggantikan Muhammad Fajar Fathur Rahman (Borneo FC)," cuit pernyataan di situs resmi federasi.

Yang menjadi unik adalah, Titan sejatinya masih berada dalam sanksi Komite Disiplin (Komdis) AFC. Tidak cuma Titan, ada juga nama Komang Teguh di skuad Piala AFF U-23 yang masih terkena sanksi. Lantas, bisakah mereka main di ajang itu?

Baca Juga: 5 Fakta Titan Agung, Arek Malang yang Curi Atensi di SEA Games 2023

1. Pernyataan dari Ketua BTN

Masih Kena Hukuman, Bisakah Titan Agung Main di AFF U-23?Exco PSSI, Sumardji saat menghadiri latihan perdana Timnas U-23, Kamis (10/8/2023). (IDN Times/Tino)

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji berkata, terkait Komang dan juga Titan, keduanya disebut masih bisa main di Piala AFF U-23. Hukuman larangan main di enam laga bagi keduanya hanya berlaku saat laga persahabatan, bukan laga resmi.

"Perlu saya jelaskan terkait dengan Komang (dan Titan), dia hanya dilarang tidak boleh bermain pada saat friendly match," ujar Sumardji di Gelora Bung Karno (GBK), Kamis (10/8/2023).

Baca Juga: 3 Pemain Timnas U-23 Kena Sanksi AFC Imbas Ribut di Final SEA Games

2. Lalu, bagaimana menurut ujaran AFC?

Masih Kena Hukuman, Bisakah Titan Agung Main di AFF U-23?Titan Agung (instagram.com/pssi)

Dalam sanksi yang terlampir di situs resmi AFC, tertulis Titan Agung dan Komang Teguh mendapatkan sanksi larangan main enam laga, dan harus membayar denda sebesar 1000 dolar Amerika Serikat.

Nah, perkara di laga apa Komang dan Titan tak boleh bermain, AFC merujuk hal tersebut ke artikel 38.2.4 Kode Disiplin dan Etik AFC. Berdasarkan artikel tersebut, tertulis demikian.

"Friendly Matches: shall be carried over to the representative team's next friendly Match"

Jika diartikan, apa yang ditafsirkan Sumardji itu bisa jadi tepat. Titan dan Komang hanya dilarang main di laga persahabatan. Namun, pernyataannya, apakah AFF U-23 bisa disebut laga persahabatan?

3. AFF U-23 adalah ajang resmi, tapi tak masuk kalender FIFA

Masih Kena Hukuman, Bisakah Titan Agung Main di AFF U-23?Timnas U-23 di SEA Games 2021. (dok. PSSI)

Khusus untuk ajang AFF U-23, ajang ini bisa disebut resmi. Sebab, secara otorisasi, ajang ini tetap harus diketahui oleh AFC selaku otoritas sepak bola Asia. Tuan rumah bahkan diwajibkan membuat laporan resmi ke AFC.

Namun, meski sudah ada laporan dan otorisasi dari AFC, ajang ini tidak masuk dalam kalender FIFA, laiknya SEA Games. Sebab, AFF adalah turnamen level asosiasi federasi. Bukan ajang selevel Piala Asia yang sudah masuk level konfederasi.

Jadi, Titan Agung dan Komang Teguh kemungkinan bisa main di AFF U-23, tapi bisa juga tidak. Karena, ajang ini adalah laga resmi yang sudah dapat otorisasi dari AFC. PSSI sudah mengirimkan surat per 2 Agustus 2023 terkait status Titan dan Komang. Tapi, pada akhirnya harus menunggu jawaban dari AFC pula terkait status mereka.

Baca Juga: Persib Belum Lepas Beckham untuk Latihan Timnas Jelang AFF U-23

Topik:

  • Anata Siregar
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya