Memuji Kematangan Prancis Saat Tumbangkan Inggris di Piala Dunia 2022

Prancis menunjukkan mental juara mereka

Jakarta, IDN Times - Prancis menunjukkan kematangan sebagai tim besar kala bersua Inggris di babak perempat final Piala Dunia 2022. Hasilnya, mereka sukses meraih kemenangan dan melaju ke babak semifinal.

Dalam laga yang dihelat di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12/2022) dini hari itu, Prancis tampil ciamik. Memang, mereka tidak menguasai bola dengan dominan, karena aliran bola dikuasai oleh Inggris hampir sepanjang laga.

Tetapi, Prancis menunjukkan mental mereka sebagai juara bertahan Piala Dunia di laga itu. Mereka sukses meredam Inggris.

Baca Juga: 3 Fakta Unik dari Kemenangan Prancis atas Inggris

1. Prancis bermain efektif di laga ini

Memuji Kematangan Prancis Saat Tumbangkan Inggris di Piala Dunia 2022Inggris vs Prancis di Piala Dunia 2022. (twitter.com/Squawka)

Di laga ini, Prancis bermain efektif. Mereka memang hanya menorehkan delapan tembakan di laga ini, jauh dibanding 16 tembakan milik Inggris. Mereka juga kalah dari segi penguasaan bola, dengan persentase 42 persen berbanding 58 persen.

Akan tetapi, Prancis menunjukkan efektivitas yang ciamik di laga ini. Mereka sukses mencetak dua gol, dari lima tembakan tepat sasaran yang mereka lesakkan. Mereka juga bermain lebih direct ketimbang Inggris.

2. Prancis mampu meredam agresivitas lini serang Inggris

Memuji Kematangan Prancis Saat Tumbangkan Inggris di Piala Dunia 2022Inggris vs Prancis di Piala Dunia 2022. (twitter.com/Squawka)

Selain tampil efektif, salah satu kunci keberhasilan Prancis memenangi laga lawan Inggris ini adalah kekuatan lini pertahanan mereka. Raphael Varane dan kolega mampu meredam agresivitas lini serang Inggris yang terkenal cair.

Para pemain Prancis mampu memberikan tekanan pada Harry Kane, yang menjadi distributor bola di lini depan. Tidak hanya itu, mereka juga mampu membuat sayap-sayap Inggris kesulitan menembus kotak penalti.

Blok rendah yang Prancis terapkan sangat sulit ditembus. Jarak antar pemain yang rapat membuat nama-nama macam Bukayo Saka dan Phil Foden kesulitan berkreasi di lini pertahanan Prancis. Alhasil, gol jadi hal yang langka bagi Inggris.

Terciptanya gol Inggris pun, pada akhirnya, hadir dari titik putih. Jika menilik dari skema open play, Prancis berhasil menetralisir ancaman-ancaman yang dimiliki Inggris.

3. Potensi Prancis melangkah ke final

Memuji Kematangan Prancis Saat Tumbangkan Inggris di Piala Dunia 2022Inggris vs Prancis di Piala Dunia 2022. (twitter.com/Squawka)

Kematangan yang ditunjukkan Prancis ini tak lepas dari talenta plus pengalaman yang dimiliki para pemainnya. Kylian Mbappe dan kolega mampu beradaptasi dengan permainan lawan, serta menerapkan anti strategi bagi skema lawan.

Dengan kekuatan yang mereka miliki ini, Prancis berpotensi besar untuk kembali menjejakkan kaki di partai final. Namun, di babak semifinal Piala Dunia 2022, ada Maroko yang juga tak bisa mereka anggap remeh.

Baca Juga: 5 Negara yang Gagal Mengadang Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya