Menang Adu Penalti, Prancis ke Perempat Final Piala Dunia U-17 2023

Senegal tunduk di tangan Prancis

Jakarta, IDN Times - Prancis meraih kemenangan dalam laga 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Bersua Senegal di Jakarta International Stadium (JIS), Rabu (22/11/2023) malam WIB, mereka menang adu penalti 5-3 usai bermain imbang 0-0 di waktu normal.

Awal babak pertama, Senegal langsung menekan pertahanan Prancis. Berbekal kecepatan dan dribel yang mereka miliki, Mamadou Gning dan kolega terus berupaya untuk merepotkan Prancis.

Namun perlahan-lahan Prancis mulai menyesuaikan diri. Berbekal kualitas dari para pemainnya, mereka mampu menyajikan tekanan balik berbahaya bagi Senegal. Buntutnya, Senegal jadi lebih waspada.

Memasuki pertengahan babak pertama, adu serangan antara Senegal dan Prancis mulai terlihat. Prancis tampak sudah bisa mengimbangi kecepatan para pemain Senegal meski kerap menemui kesulitan di sepertiga akhir.

Prancis sulit menciptakan peluang bersih ke gawang Senegal. Di sisi lain, Senegal juga mengalami kesulitan serupa karena serangan-serangan mereka minim kombinasi di sepertiga akhir. Mereka terlalu individualistis.

Hal ini terus berlangsung hingga babak pertama tuntas. Tidak adanya gol yang dicetak Prancis maupun Senegal membuat babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, intensitas permainan masih terjaga. Awal babak, hanya Prancis yang memasukkan pemain baru, yakni Tidiane Diallo. Memasuki pertengahan babak, barulah mereka memasukkan Nolan Ferro dan Yoram Zague.

Hal yang sama juga dilakukan Senegal dengan memasukkan Omar Sall dan Cherif Niabaly. Beberapa perubahan ini membuat intensitas laga terjaga. Baik Senegal maupun Prancis masih bermain agresif.

Harus diakui, Senegal benar-benar main apik di laga ini. Mereka memaksimalkan kecepatan mereka sedemikian rupa. Hal inilah yang akhirnya membuat mereka sanggup menciptakan beberapa peluang apik ke gawang Prancis.

Sayangnya, peluang banyak ini tak dibarengi dengan efektivitas yang ciamik. Di sisi lain, Prancis juga begitu kesusahan untuk menembus pertahanan Senegal. Serangan-serangan balik mereka sudah tidak setajam di babak pertama.

Di sisa waktu babak kedua, Senegal dan Prancis masih berusaha mencari gol. Namun, tak ada gebrakan dan kreativitas yang dilakukan kedua tim. Pola mereka masih sama. Senegal pakai serangan cepat, Prancis mengandalkan serangan balik.

Hasilnya, skor 0-0 bertahan sampai babak kedua tuntas. Pertandingan pun langsung berlanjut ke babak adu penalti. Di babak ini, Senegal kerepotan. Salah satu penendang mereka, Daouda Diong, gagal mengeksekusi penalti.

Prancis mengungguli Senegal dengan skor 5-3 di babak adu penalti. Mereka memastikan diri sebagai tim terakhir yang lolos ke perempat final Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga: 4 Alumni Piala Dunia U-17 2009 yang Menjadi Juara Piala Dunia

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya