Menanti Pecah Telur Penyerang Timnas Indonesia Lawan Vietnam

Penyerang Timnas Indonesia tumpul

Intinya Sih...

  • Lini depan Timnas Indonesia tumpul jelang laga lawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.
  • Dalam sembilan laga terakhir, tak ada satu pun gol yang dicetak oleh pemain depan Timnas Indonesia.
  • Pelatih Timnas, Shin Tae Yong, mengakui ketajaman lini depan masih coba dibenahi oleh tim pelatih.

Jakarta, IDN Times - Lini depan Timnas Indonesia jadi masalah tersendiri jelang laga lawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024). Dalam beberapa laga terakhir, para penyerang Pasukan Garuda begitu tumpul.

Tercatat, dalam sembilan laga terakhir yang dilakoni Timnas, tak ada satu pun yang dicetak pemain depan. Sejak laga lawan Irak pada November 2023 lalu, rata-rata gol diciptakan oleh gelandang hingga pemain bertahan.

Baca Juga: Menerka Kapten Timnas Indonesia Kontra Vietnam, Siapa Cocok?

1. Dua laga awal kualifikasi, gol dicetak gelandang dan bek

Menanti Pecah Telur Penyerang Timnas Indonesia Lawan VietnamShayne Pattynama akan bergabung dengan tim KAS Eupen di liga utama Belgia (instagram.com/s.pattynama)

Dalam dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Irak dan Filipina, Indonesia sukses melesakkan dua gol. Alih-alih diciptakan oleh penyerang, dua gol itu dicetak masing-masing satu oleh gelandang dan bek.

Ketika dibekuk Irak dengan skor 1-5 di laga perdana kualifikasi, gol dicetak oleh Shayne Pattynama yang merupakan bek. Saat main imbang 1-1 lawan Filipina di laga kedua, gol Indonesia dicetak oleh Saddil Ramdani yang notabene seorang gelandang.

2. Tiga gol di Piala Asia 2023 dicetak oleh non-penyerang

Menanti Pecah Telur Penyerang Timnas Indonesia Lawan VietnamSelebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Jepang di Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024). (the-afc.com).

Dalam tiga laga uji coba jelang Piala Asia 2023, yakni dua kali lawan Libya dan sekali lawan Iran, Indonesia hanya mampu mencetak satu gol. Yakob Sayuri, seorang bek sayap, jadi satu-satunya pencetak gol bagi Indonesia,. Gol itu dicetaknya saat laga kedua lawan Libya.

Lanjut ke Piala Asia 2023, dalam tiga laga fase grup yang dijalani, Indonesia mampu mencetak tiga gol. Lagi-lagi, ketiga gol ini diciptakan oleh pemain non-penyerang. Satu gol lawan Irak di laga perdana grup dicetak Marselino Ferdinan.

Ketika jumpa Vietnam, Asnawi Mangkualam mencetak satu gol. Berlanjut di laga lawan Jepang, Sandy Walsh yang notabene seorang bek mencetak gol bagi Indonesia. Sementara, ketika melawan Australia di 16 besar, tak ada gol yang tercipta.

3. Janji Shin Tae Yong benahi lini depan

Menanti Pecah Telur Penyerang Timnas Indonesia Lawan VietnamPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dalam sesi jumpa pers jelang laga lawan Vietnam, Rabu (20/3/2024), pelatih Timnas, Shin Tae Yong, mengakui, ketajaman lini depan masih coba dibenahi oleh tim pelatih. Dia berkaca dari hasil ketika Piala Asia 2023 lalu.

"Di Piala Asia kemarin memang kami jadi yang paling lemah dari antara semua partisipan. Apalagi tim-tim di grup kami prestasinya baik. Semua tim bagus, jadi pastinya Timnas lebih banyak kebobolan dibanding mencetak gol," ucap STY.

Timnas akan dua kali bersua Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga perdana dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3/2024) malam WIB, sedangkan laga kedua dihelat di Hanoi pada 26 Maret 2024.

Baca Juga: Alasan Timnas Indonesia Harus Tetap Mewaspadai Vietnam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya