Mengenang David Silva, Pemain Mini Mindmaster Mematikan

David Silva itu luar biasa

Jakarta, IDN Times - Tubuh boleh kecil, tapi David Silva punya kemampuan luar biasa dalam otaknya. Kecerdasan dan kemampuannya dalam melihat ruang kosong di pertahanan, menjadi senjata mematikan yang selalu bikin lawan-lawan kewalahan.

Eks gelandang Manchester City, Owen Hargreaves, mengakuinya. Bagi Hargreaves, Silva pemain yang berbeda dan begitu dikagumi di ManCity. Memang, ManCity sempat memiliki Sergio Aguero dan Vincent Kompany. Tapi, Silva berbeda, karena punya kecerdasan di atas rata-rata, visinya dua langkah ke depan dibanding pemain lain.

"David Silva, uh, dia mengingatkan saya pada Paul Scholes. Mereka bisa berpikir dua langkah ke depan," ujar Hargreaves.

1. Kaki yang ringan, serta tak terdeteksi

Mengenang David Silva, Pemain Mini Mindmaster MematikanDavid Silva. (skysports.com)

Secara fisik, dijelaskan Hargreaves, Silva kalah jauh dibandingkan para pemain ManCity yang lain. Ada Yaya Toure yang punya jiwa petarung, belum lagi Kompany dengan kekuatan fisiknya. Namun, kekuatan Silva tidak terletak di situ.

Selain pada pikirannya yang lebih maju dua langkah, kekuatan David Silva ada pada kakinya yang ringan serta pergerakan tak terdeteksi. Dengan hawa keberadaan yang tidak terlalu besar itu, Silva dengan mudah mengatur permainan.

"Saya pernah bercanda dengannya saat latihan, karena kakinya sangat ringan dan napasnya tidak terdengar. Dia seperti terbang saat bertanding. Saya berkata, dia akan memiliki karier yang luar biasa dengan kemampuannya itu," kata Hargreaves.

Baca Juga: Siap Bajak Bernardo Silva dari ManCity, Al Hilal Siapkan Rp3,7 Triliun

2. Silva selevel dengan Messi dan De Bruyne

Mengenang David Silva, Pemain Mini Mindmaster Mematikanpotret David Silva (twitter.com/premierleague)

Hargreaves juga mengungkapkan, Silva berada satu level dengan Lionel Messi dan Kevin De Bruyne. Mereka memang tidak terlalu mengandalkan fisik, tetapi tahu apa yang akan terjadi dalam sebuah pertandingan.

"Sama seperti Messi dan De Bruyne, Silva tahu ke mana bola akan bergulir dan jatuh. Mereka juga tahu apa yang akan terjadi di dalam pertandingan. Itu adalah bakat," kata Hargreaves.

3. Kemampuan Silva diakui oleh Pep Guardiola

Mengenang David Silva, Pemain Mini Mindmaster MematikanPep Guardiola. (skysports.com)

Kemampuan Silva memang sudah mendapatkan pengakuan. Manajer ManCity, Pep Guardiola, menuturkan dia adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dilatih selama kariernya, selain Messi dan De Bruyne.

"Dia (Silva) adalah salah satu pemain terbaik yang pernah saya latih. Saya pernah juga melatih pemain bagus di Barcelona dan Bayern Muenchen, dan ia masuk salah satu daftar pemain terbaik versi saya," ujar Guardiola.

4. Silva akhirnya pensiun

Mengenang David Silva, Pemain Mini Mindmaster Mematikan90min.com

Buah dari kemampuannya, Silva sudah meraih banyak trofi bergengsi. Premier League, Piala FA, Piala Liga, Copa del Rey, Piala Eropa, hingga Piala Dunia sukses direngkuh oleh pemain asal Gran Canaria ini.

Namun, ke depan kita tidak akan lagi melihat aksi Silva. Dia memutuskan untuk gantung sepatu di usia 37 tahun. Cedera lutut yang dialami membuatnya harus menepi, kendati sudah berjasa mengantarkan Real Sociedad lolos ke Liga Champions.

"Saya memutuskan pensiun dari sepakbola yang sudah ditekuni sepanjang hidup. Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal kepada rekan-rekan sejawat yang sudah seperti keluarga. Saya akan sangat merindukan kalian," ujar Silva di akun media sosialnya.

Baca Juga: ManCity Nyerah Kejar Declan Rice, Gegara Tawaran Gila Arsenal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya