Menilik Peran Frank Wormuth di Dapur Strategi Timnas U-17

Frank Wormuth benar-benar bantu Bima Sakti

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga berkata, Frank Wormuth memiliki peran besar di skuad Timnas Indonesia U-17 saat ini. Peran itu mulai terasa saat Timnas U-17 melakoni pemusatan latihan di Jerman.

"Dari segi Timnas, Frank Wormuth itu dia banyak kasih arahan. Di Jerman memang sudah punya nama dia. Jadi, Timnas di sana didukung betul oleh Dortmund dan Moenchengladbach," ujar Arya di kantor PSSI, Senin (6/11/2023).

1. Frank Wormuth juga bantu Bima susun strategi

Menilik Peran Frank Wormuth di Dapur Strategi Timnas U-17Frank Wormuth di laga Timnas U-17 lawan Barcelona. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Arya menilai, Wormuth juga membantu pelatih Timnas U-17, Bima Sakti dalam menyusun konsep permainan dan strategi tim, termasuk ketika Iqbal Gwijangge dan kolega melakoni TC di Jerman. Bima mengaku, Wormuth sangat membantu.

"Di Piala Dunia U-17 nanti, pasti Coach Bima yang di bawah (memimpin tim). Kalau konsep permainan, strategi itu banyak juga dari Coach Frank (Wormuth). Dari omongan Coach Bima dia tuh sangat membantu banget," ujar Arya.

Baca Juga: Frank Wormuth Bakal Bekerja di Timnas U-17 dari Balik Layar

2. Kewenangan Wormuth memang tak melebihi Bima

Menilik Peran Frank Wormuth di Dapur Strategi Timnas U-17Frank Wormuth, pendamping Timnas U-17. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir berkata, wewenang Frank Wormuth ini tak akan melebihi Bima selaku pelatih utama. Dia hanya memberikan masukan, tetapi tidak akan memimpin latihan tim secara langsung.

"Dia (Wormuth) tidak akan melatih pemain karena itu over lap. Kalau pun harus memperbaiki sistem yang ada, dia akan mencontohkan dari pemain lain, bukan pemain yang ada di situ," beber Erick menegaskan.

3. Timnas U-17 mentas di Surabaya dalam Piala Dunia U-17 2023

Menilik Peran Frank Wormuth di Dapur Strategi Timnas U-17Timnas U-17 lawan Koln. (Dok. PSSI)

Timnas U-17 akan memulai pertarungan mereka di Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November 2023. Bertempat di Gelora Bung Tomo, Surabaya, mereka akan bersua Ekuador.

Setelah itu, Timnas U-17 akan lanjut melawan Panama pada 13 November 2023. Perjalanan mereka di fase grup Piala Dunia U-17 di Surabaya akan tuntas pada 16 November 2023 lawan Maroko. Frank Wormuth masih akan menemani Bima Sakti.

Baca Juga: PSSI Tunjuk Frank Wormuth Jadi Konsultan Timnas U-17

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya